Berita Bitcoin · 5 min read

Market Cap Bitcoin Diproyeksi Bisa Sentuh US$1 Triliun Gara-gara Ini!

ETF BTC SPOT

Perusahaan analisis kripto, CryptoQuant, merilis laporan terbaru yang menganalisis apabila ETF Bitcoin spot disetujui, maka akan membuat kapitalisasi pasar Bitcoin tumbuh menjadi US$1 triliun.

Potensi Uang Masuk ke Kripto karena ETF BTC Spot

CryptoQuant melihat bahwa ETF BTC spot bisa sangat mendorong pasar kripto karena aplikasi itu diajukan oleh lembaga keuangan besar seperti BlackRock, Fidelity, Ark Investment, dan lain sebagainya. 

Tabel daftar perusahaan yang mengajukan aplikasi ETF Bitcoin spot. Sumber: CryptoQuant.

CryptoQuant berpendapat, apabila perusahaan-perusahaan itu memasukkan 1% dari Aset yang Dikelola (AUM) mereka ke ETF ini, sekitar US$155 miliar dapat memasuki pasar Bitcoin, yang pada akhirnya akan meningkatkan kapitalisasi pasar Bitcoin sebesar US$450 miliar – US$900 miliar.

Angka tersebut didapatkan oleh Cryptoquant menggunakan metode batas realisasi yakni metode kapitalisasi BTC yang menghitung nilai totalnya dengan mengasumsikan bahwa nilai setiap koin sama dengan harga terakhir kali ditransaksikan di blockchain.

Batas realisasi juga dapat dibayangkan sebagai total investasi yang dilakukan oleh investor, yang memperhitungkan harga pembelian koin mereka. Bagan di bawah menunjukkan bagaimana batas realisasi ini dibandingkan dengan pasar selama bertahun-tahun.

Gambar realisasi kapitalisasi pasar Bitcoin. Sumber: CryptoQuant.

CryptoQuant menghitung rasio antara pertumbuhan tahunan dari dua batas tersebut dan menemukan bahwa untuk sebagian besar sejarah aset, kapitalisasi pasar telah tumbuh 3 hingga 6 kali lebih cepat daripada batas realisasi. Apabila realisasi US$450 miliar tercapai maka kapitalisasi pasar bisa saja menyentuh lebih tinggi lagi hingga US$1,2 triliun.

Angka ini juga dapat menyiratkan kapitalisasi pasar akan meningkat antara 82% dan 165% dari level saat ini dan bahwa harga Bitcoin bisa jadi mencapai antara US$50.000 dan US$73.000.

Baca juga: Laporan Terbaru Ungkap Pemerintah AS Miliki Bitcoin Bernilai US$5 Miliar!

ETF Jadi Gelombang Selanjutnya di Kripto

ETF Bitcoin spot juga disebut akan menjadi gelombang berikutnya dalam adopsi kripto selanjutnya. Sebelumnya, pada 2020-2021 gelombang adopsi kripto didukung oleh minat dan pembelian kripto oleh institusi.  Persetujuan ETF Bitcoin spot berpotensi diberikan paling lambat pada Maret 2024.

Baca juga: Imbas Berita ETF BTC Spot Palsu, Likuidasi di Pasar Kripto Capai Rp2,9 Triliun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.