Berita Blockchain · 5 min read

Mantan Menteri Keuangan RI Dukung Proyek Blockchain HARA

HARA mendapatkan momentum dan membangun antisipasi karena sebentar lagi mereka akan meluncurkan proyek ‘dampak sosial’ dengan Blockchain.

Sebagai salah satu nama terbesar di lingkungan blockchain Indonesia, perusahaan ini sekarang juga mengambil kepemimpinan dalam mendidik negara tentang potensi teknologi blockchain.

Baru-baru ini, HARA mengumumkan bahwa Dr Chatib Basri, mantan Menteri Keuangan Indonesia, telah bergabung dengan jajarannya sebagai penasihat.

Ini adalah pertama kalinya mantan menteri telah mengesahkan proyek blockchain dari Indonesia, dan merupakan indikator yang jelas dari kaliber baik dari tim maupun proyek.

“Blockchain HARA akan membantu petani di sektor pertanian Indonesia meningkatkan produktivitas mereka, memotong biaya transaksi dan meningkatkan pendapatan mereka. Saya merasa terhormat untuk menjadi bagian dari petualangan ini sebagai penasihat untuk HARA, ”kata Dr Basri dalam sebuah pernyataan.

HARA adalah platform pertukaran data berbasis blockchain global dan terbuka yang berfokus pada peningkatan kehidupan petani di seluruh dunia.

Proyek ini merupakan inisiatif dari perusahaan besar Dattabot, yang hubungan jangka panjangnya dengan pemerintah Indonesia dan pihak lain terbukti bermanfaat.

Bulan ini, HARA menjadi proyek blockchain pertama yang diundang oleh Bank Sentral Indonesia (BI) untuk membahas teknologi blockchain di sektor pertanian.

Pertemuan pertama telah sukses, dan pertemuan lain yang bertujuan untuk untuk berbicara tentang potensi kolaborasi antara kedua pihak.

Sebagai bagian dari inisiatif pendidikan perusahaan, HARA menyelenggarakan acara informatif bersama dengan Emurgo Cardano di mana kedua perusahaan berbagi bagaimana mereka berencana untuk menggunakan teknologi blockchain untuk mengatasi masalah nyata.

Kemudian, General Electric Indonesia mengundang HARA untuk mendiskusikan blockchain dan proyek mereka dalam sesi pendidikan pribadi.

HARA juga membuat kehadirannya terasa selama Korea Blockchain Week, di mana CEO Regi Wahyu mempresentasikan proyek di acara Blockchain for Good Society. Selanjutnya, perusahaan ini dijuluki “ICO of the Month” oleh TV Ekonomi Asia.

Hara Umumkan Kemitraan dengan Bank BNI

Sementara perusahaan sedang mengalami kemajuan besar dalam mendapatkan namanya di luar sana, mungkin sebagian besar momentumnya adalah karena pengumuman baru-baru ini tentang kemitraan dan penasihat baru.

Dalam beberapa minggu terakhir, perusahaan mengumumkan kemitraan dengan BNI, bank terbesar ke-4 di Indonesia, dan African Business Institute (ABI), dalam persiapan untuk ekspansi ke Uganda akhir tahun ini.

Baca juga: Mengenal Harmony (ONE): Blockchain Biaya Murah dan Ramah Lingkungan

Sumber kegembiraan lainnya adalah keberhasilan proyek-proyek percontohan HARA, di mana perusahaan mampu menembus populasi penduduk pedesaan Indonesia yang tidak bisa diuntungkan.

Pengumpulan data yang sedang berlangsung telah mencapai sekitar 3.000 petani di 41 desa terpencil. Pada tahun 2020, HARA berencana menarik 2 juta petani Indonesia dengan memperluas wilayah penerapannya di seluruh Indonesia.

Selain itu, persiapan sedang dilakukan untuk memperluas ke negara berkembang lainnya di khatulistiwa, dan HARA telah memulai negosiasi dengan mitra potensial di Thailand, Vietnam, Bangladesh, Kenya, Uganda, Meksiko, dan Peru.

Misi HARA untuk memberdayakan miliaran orang di seluruh dunia tampak termasyhur pada pandangan pertama, tetapi jika dilihat ‘lebih dekat’ tampaknya misi mereka jauh dari jangkauan.

Jika hasil proyek percobaan mereka merupakan indikasi, sepertinya pertukaran data HARA mungkin merupakan terobosan besar berikutnya dalam memerangi kemiskinan melalui teknologi blockchain.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Felita Setiawan

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.