Berita Blockchain · 6 min read

Mantan CEO Twitter Promosi Web 5.0, Apa Keunggulannya?

Mantan CEO Twitter Promosi Web 5.0, Apa Keunggulannya?

Jack Dorsey, mantan CEO Twitter dan CEO dari Perusahaan bernama Block menyatakan kabar baru terkait teknologi blockchain. 

Pada akhir pekan lalu, ia membuat dunia teknologi ramai dengan proyek barunya yang akan dibangun dalam teknologi Web 5.0, mengalahkan Web 3.0 yang digunakan crypto saat ini. 

Mantan CEO Twitter Promosi Web 5.0

Jack Dorsey baru saja mengabarkan melalui perusahaannya block bahwa akan ada proyek baru bernama TBD. 

TBD dikabarkan akan menjadi cara baru berinteraksi di internet bahkan mengalahkan Web 3.0 dan melewati Web 4.0 yang bahkan belum dibentuk. 

Melalui Akun Twitter TBD terdapat penjelasan lengkap berupa Google Slide mengenai bagaimana nantinya Web 5.0 akan bekerja. 

Intinya perusahaan tersebut ingin membuat cara berkomunikasi terutama dalam penggunaan data di internet, yang dirasa lebih aman. 

Nantinya dikabarkan TBD tetap akan menggunakan blockchain namun ingin memanfaatkan Blockchain Bitcoin, blockchain favorit dari Jack Dorsey

Jack Dorsey merasa bahwa teknologi Web 3.0 saat ini masih belum sepenuhnya terdesentralisasi. Sehingga ia ingin menciptakan suatu teknologi yang benar-benar terdesentralisasi. 

Artinya dengan Web 5.0 ia merasa bahwa nantinya tidak akan ada satu pihak yang menguasai data pengguna dan semua sistem operasional karena tersebar secara demokratis. 

Bersama publikasi dari TBD, Jack Dorsey terlihat percaya diri dengan cuitannya di Twitter yang menyatakan bahwa perusahaan yang didanai para investor dan perusahaan modal ventura atau venture capital, akan mati. 

Ia juga menambahkan bahwa jika Web 5.0 sukses, maka ini adalah kontribusi paling penting dari perusahaan Block terhadap dunia internet. 

Mantan CEO Twitter Promosi Web 5.0, Apa Keunggulannya?
Transisi Web 2.0 ke Web 5.0

Walau teknologi ini sangat inovatif, banyak investor yang menanggapi dengan kebingungan. Sebab saat ini belum ada Web 4.0 dan banyak individu yang masih bingung dengan Web 3.0 tapi Jack Dorsey mendorong Web 5.0. 

Menanggapi kebingungan ini, whitepaper yang tertulis dalam Google Slides tersebut menjelaskan apa keunggulan dari Web 5.0 dibandingkan Web 3.0 saat ini. 

Apa Keunggulannya?

Web 5.0 muncul karena adanya Web 3.0 yang menggunakan teknologi blockchain dan sistem terdesentralisasi. Tapi Jack Dorsey merasa bahwa teknologi Web 3.0 masih kurang terdesentralisasi dan kurang optimal. 

Dengan adanya Web 5.0, Jack Dorsey ingin memanfaatkan yang menurutnya adalah blockchain terbaik di dunia, yaitu Blockchain Bitcoin.   

Melalui Web 5.0 Jack Dorsey juga ingin membuat Blockchain Bitcoin lebih aman dari kerusakan transaksi ganda. 

Selain itu dengan Web 5.0, transaksi Bitcoin akan bergerak lebih sama dengan transaksi uang biasa yaitu dari satu individu ke individu lain tapi lebih lancar sehingga bisa diadopsi secara besar. 

Nantinya akan ada beberapa tambahan teknologi lagi dari TBD terkait integrasi Web 5.0 dengan BItcoin seperti Decentralized Identifiers (DID), Decentralized Web Node (DWN), Self-Sovereign Identity Service (SSIS) dan, Self-Sovereign Identity Software Development Kit (SSI-SDK).

Intinya Web 5.0 memiliki tujuan untuk mempermudah sistem desentralisasi terutama dari sisi developer. 

Mantan CEO Twitter Promosi Web 5.0, Apa Keunggulannya?
Inti Web 5.0

Nantinya semua yang dilakukan sudah pasti terdesentralisasi jadi developer hanya perlu fokus pada tampilan untuk mempermudah pengguna menggunakan aplikasinya. 

Selain itu, tujuannya adalah agar penyimpanan data terjadi murni secara terdesentralisasi dan tidak ada manipulasi data dari pemilik aplikasi, sehingga menjaga keamanan pengguna. 

Untuk saat ini belum ada lagi individu yang mendorong penciptaan Web 5.0 karena masih bergerak di sekitar tim TBD dan Jack Dorsey. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.