Siaran Pers · 5 min read

Malaysia Rayakan Hari Kemerdekaan di Metaverse

Tezos Malaysia

Pada 31 Agustus 2022 Malaysia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-65 di Metaverse dengan festival bernama Merdekaverse yang berlangsung pada 25 Agustus hingga 16 September.

Ini merupakan acara nasional pertama yang selenggarakan di metaverse yang dijalankan oleh platform metaverse Xanadu Kementerian XR. 

Ministry XR adalah perusahaan yang memajukan cara manusia belajar, bekerja, dan bermain melalui komputasi spasial.Sebagian agensi dan sebagian lab, tim di belakang Ministry XR juga bertanggung jawab untuk mendorong batas-batas dari apa yang dapat diberikan metaverse kepada komunitas. 

Pada tahap awal, Xanadu mendapat manfaat dari Hibah Pertumbuhan Ekosistem Tezos (EGG) yang membantu tim mendanai pengembangan dan menciptakan ruang virtual yang saat ini dapat menyelenggarakan acara penting dalam skala besar.

Baca juga: Metaverse: Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Merdekaverse, Identitas Budaya dan Komunitas

Bagi Joseph Anthony, Chief Experience Officer Kementerian XR, festival Merdekaverse adalah ekspresi nyata identitas budaya dan komunitas yang dihidupkan.

Menurut Joseph, konsep metaverse masih belum diketahui sebagian besar orang Malaysia, dan tim dari Kementerian XR ingin menciptakan sesuatu yang memiliki daya tarik massal.

“Untuk melakukan hal itu, kami menciptakan Merdekaverse festival metaverse dengan nama besar, permainan, dan seni Malaysia yang mengacu pada nostalgia, kebanggaan, dan khas Malaysia,” kata Joseph.

Joseph mengatakan bahwa salah satu perbedaan utama dalam pengalaman merayakan di lingkungan metaverse seperti Xanadu adalah banyaknya aktivitas yang ditawarkan. Para pengunjung pesta dapat mengharapkan parade besar yang dimulai pada siang hari pada Hari Kemerdekaan.

Mereka akan berjalan-jalan dengan perdana menteri pertama Malaysia, Tunku Abdul Rahman, bepergian dengan Nash Rambler 1951 miliknya. Setelah acara langsung semua orang akan menuju ke Pantai Xanadu.

Acara virtual Dato Sudirman di Merdekaverse
Acara virtual Dato Sudirman di Merdekaverse.

Di sana, mereka akan disuguhi konser tengara oleh royalti musik Malaysia sendiri, ‘virtual’ Dato Sudirman. Menariknya, porsi Sudirman dari festival ini juga cukup eksklusif hanya 200.000 pengunjung yang akan diterima pada satu waktu.

“Malaysia memiliki beragam koleksi konten yang akan dapat memiliki kehidupan baru di metaverse. Artis, penghibur, dan pembuat konten akan dapat menciptakan ekonomi mereka sendiri,” katanya.

Adapun Xanadu, Joseph berharap komunitas menggunakan platform tersebut untuk membantu kreativitas dan hiburan berkembang.

“Metaverse kami akan menjadi tempat khusus yang terus berkembang dan membuat konten lebih kaya bagi dunia.”

Baca juga: Pernikahan di Metaverse Jadi Trend Baru?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.