Berita Bitcoin · 5 min read

13 Tahun Lalu 5.000 Bitcoin Laku 5 Dollar AS!

Bitcoin laku lima dollar

Dalam perjalanannya Bitcoin sering mengalami pasang surut harga dan sentimen, di masa awal kemunculannya Bitcoin nyaris tidak berharga bahkan 13 tahun lalu, pada 12 Oktober 2009, 5.000 Bitcoin pernah laku terjual seharga $5.

Penjualan ini dilakukan oleh developers asal Finlandia, yaitu Martti Malmi yang ikut membantu Satoshi Nakamoto. Sementara, transaksi BTC pertama kali terjadi antara Satoshi Nakamoto dan Hal Finney dengan sejumlah 10 BTC pada 2009.

Momen ikonik penjualan Bitcoin lainnya dalam jumlah banyak dan harga murah juga terjadi pada 2010, adopsinya di kala itu belum ramai seperti 2022.

Pada 22 Mei 2010 pertama kali BTC digunakan sebagai alat pembayaran ketika seorang bernama Laszlo Hanyecz membeli pizza senilai $25 dengan menggunakan pembayaran 10.000 BTC. 

Karena itu setiap tanggal 22 Mei, akan selalu menjadi peringatan terbesar dalam komunitas kripto.

Tetapi jika dilihat dengan harga Bitcoin sekarang ini dengan jumlah 10.000 BTC tersebut sangat banyak dan bernilai hingga triliunan rupiah. Namun, pada waktu itu harga BTC masih di kisaran $0,008 atau sekitar Rp116,25. 

Laszlo sendiri adalah programmer komputer yang berasal dari Florida. Awalnya dia hanya menguji apakah mata uang digital (Bitcoin) yang ditambang di rumahnya dan dapat digunakan untuk membeli sesuatu. 

Jadi, ketika penambang yang berhasil akan diberikan hadiah 50 BTC karena menemukan blok baru. Ini berarti Laszlo hanya perlu menambang 200 blok untuk menambang 10.000 BTC, dan tidak terlalu sulit karena pada saat itu tidak banyak orang yang bersaing untuk mining.

Bitcoin Sekarang

Jika melihat histori tersebut, Bitcoin jelas telah melewati pasang surut harga yang menarik. BTC yang sebelumnya tidak berharga, dijual dalam jumlah banyak seiring waktu kini mendapatkan harga yang terbilang tinggi, salah satunya meraih harga $69.000 pada November 2021.

Meski kini Bitcoin tengah alami penurunan dan masuk ke fase bear market, Bitcoin tetap membubuhkan harga dua digit. Pada saat penulisan , BTC diperdagangkan senilai $18,684 pada 13/10/2022 pukul 18.07 WIB.

Grafik BTC selama 24 jam terakhir. Sumber: CoinMarketCap

Adopsi Bitcoin Kian Tumbuh

Untuk adopsi Bitcoin juga mengalami pertumbuhan yang progresif, menurut laporan pasar, jumlah pemilik kripto akan mencapai satu miliar pada akhir tahun 2022.

Blockware Solutions sebagai penyedia infrastruktur untuk teknologi blockchain juga memprediksi bahwa 10% dari populasi global akan menggunakan BTC pada tahun 2030. 

Blockware Solutions juga merilis laporan yang merincikan kemungkinan kurva adopsi BTC. Laporan tersebut membandingkan Bitcoin dengan teknologi pengganggu lainnya dan menghitung tingkat adopsi yang terkait dengan populasi global.

Faktor lainnya dari adopsi BTC secara massal adalah penerimaan sebagai alat pembayaran yang sah di El Salvador. Negara ini melihat potensi BTC karena pengiriman uang yang lebih efisien dan mudah. 

Bahkan semakin banyak bisnis dan institusi yang mulai menerima keberadaan Bitcoin dan kripto lainnya. Adapun adopsinya sebagai berikut:

  • Burger King Venezule terima pembayaran BTC
  • Google akan terima pembayaran kripto
  • Amazon terima pembayaran BTC
  • Paypal terima pembayaran BTC

Baca Juga: Adopsi Bitcoin Global Diprediksi Sentuh 10% pada 2030

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.