Adopsi Bitcoin Global Diprediksi Sentuh 10% pada 2030

Anisa Giovanny

12th June, 2022

Dalam laporan Blockware Intellingence pada 8 Juni menyatakan jika adopsi Bitcoin secara global akan mencap[ai 10% pada 2030. Pertumbuhan ini lebih cepat daripada pertumbuhan mobil dan tenaga listrik.

Pertumbuhan Bitcoin denga capaian angka tersebut diketahui  dengan memeriksa kurva adopsi historis untuk sembilan teknologi yang mengganggu di masa lalu, termasuk mobil, tenaga listrik, smartphone, internet, dan media sosial, bersama dengan tingkat pertumbuhan adopsi Bitcoin sejak 2009 .

Baca juga: Adopsi Bitcoin Meningkat, Berapa Besar Kepemilikan Whale Sekarang?

Semua teknologi yang mengganggu mengikuti pola kurva S eksponensial yang serupa, tetapiteknologi berbasis jaringan yang lebih baru terus diadopsi jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan pasar.

Dengan menggunakan rata-rata dan rata-rata tertimbang dari kurva adopsi teknologi historis, serta tingkat pertumbuhan adopsi Bitcoin, laporan tersebut kemudian dapat mencapai prediksinya.

“ Dikatakan bahwa berdasarkan metrik yang disebut Jumlah Kumulatif Pertumbuhan Entitas Bersih dan prediksi Bitcoin “CAGR 60% kami memperkirakan bahwa adopsi Bitcoin global akan menembus 10% pada tahun 2030, “ tulis laporan itu dilansir dari Cointelegraph.

Prediksi jumlah populasi yang menggunakan Bitcoin. Sumber: Blockware.

Blockware Intellingence  mengharapkan adopsi Bitcoin untuk mencapai titik pertumbuhan lebih cepat sebelum diganggu oleh teknologi lain yang akan hadir dan adopsi internet yang terus bertumbuh dengan pesat.

“Dari sudut pandang konsumen, teknologi masa lalu memiliki insentif terkait kenyamanan/efisiensi untuk mengadopsinya. Dengan adopsi Bitcoin dengan insentif finansial langsung menciptakan teori permainan di mana respons terbaik setiap orang adalah mengadopsi Bitcoin, “ tulis laporan itu.

Prediksi Adopsi Bitcoin Masih Konseptual

Namun, penulis laporan Blockware menekankan bahwa model yang digunakan untuk memprediksi tingkat adopsi hanya konseptual pada tahap ini.

Laporan ini dimaksudkan untuk digunakan sebagai saran investasi atau alat perdagangan jangka pendek atau panjang.

Penulis laporan menggarisbawahi jika ada kemungkinan besar bahwa adopsi global Bitcoin akan tumbuh secara signifikan di masa depan dan demikian juga harga.

Laporan dan model tersebut ditinjau oleh beberapa investor dan analis crypto, termasuk eksekutif dari Ark Invest, Arcane Assets, AMDAX Asset Management, dan M31 Capital.

Adopsi Cryptocurrency telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Pada 2021, tingkat kepemilikan crypto global mencapai rata-rata 3,9%, dengan lebih dari 300 juta pengguna crypto di seluruh dunia, menurut data dari TripleA, gateway pembayaran cryptocurrency global.

Baca juga: Industri Cryptocurrency dan Blockchain di Indonesia Alami Pertumbuhan

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency