Berita Industri · 6 min read

Lido Finance akan Lakukan Upgrade Terbesar, Ada Dua Fitur Baru!

Lido akan lakukan upgrade

Posting blog (7/2) Lido Finance memperkenalkan protokol versi 2. Versi terbarunya akan berfokus pada penarikan Ethereum (ETH) dan mendesentralisasikan validator.

Peningkatan yang diusulkan Lido menyusul upgrade Ethereum Shanghai yang akan berlangsung di Maret 2023, lewat upgrade tersebut ETH bisa di-unstake.

Di Lido, pengguna menyerahkan ETH untuk di staking ETH, dan Lido akan memberikan stETH yang bisa digunakan, yang nilainya 1:1 dengan ETH. Ini bisa dimanfaatkan bagi pengguna yang tetap ingin mendapatkan manfaat dari likuiditas ETH daripada hanya menguncinya saja.

Baca Juga: Liquid Staking, Tren Kripto Terbaru Di 2023!

Lido mengakui ini akan menjadi peningkatan terbesarnya. Pihaknya juga telah menyelesaikan dari segi protokol.

Kini, Lido V2 menunggu disetujui oleh decentralized autonomous organization (DAO) sebelum dapat digunakan sepenuhnya. Berikut pembaruan yang akan tersedia di prtokol Lido V2.

Baca juga: Lido di Solana Cari Bantuan Dana US$1,5 Juta untuk Lanjutkan Operasional

Pilihan Mode untuk Unstake

Ada 2 mode yang disediakan, pengguna dapat memilih antara mode Turbo atau mode Bunker untuk melakukan penarikan aset.

Mode default, disebut juga mode turbo, proses penarikan menggunakan semua ETH yang tersedia dari setoran dan hadiah. Mode bunker menjadi pilihan apabila aktivitas jaringan tinggi atau terjadi hal tak terduga.

“Tujuannya adalah untuk mencegah segelintir oknum mendapatkan keuntungan yang tidak adil terhadap pemangku kepentingan lain dengan menunda penarikan di seluruh protokol dan mensosialisasikan dampak negatifnya,” menurut postingan tersebut.

Staking Router

Lido V2 juga menyajikan router staking untuk meningkatkan protokol utama, dengan cara memindahkan registri operator ke arsitektur modular.

Staking router Lido 2.0 memungkinkan pengguna mengusulkan penambahan router baru untuk menerima persyaratan staking. Kelebihannya, operator node yang lebih luas untuk berpartisipasi dalam protokol Lido.

Lido V2 akan menetapkan staking ke validator terpilih untuk mendesentralisasikan jaringan. Hanya ada satu router di Lido versi 1.

Staking Router siap memberi keuntungan berbagai kebutuhan pengguna, antara lain:

  • Stakers: Mereka mendapat manfaat dari set Operator Node yang lebih beragam dan aman. Setoran mereka akan didistribusikan ke jumlah entitas independen yang jauh lebih besar, mengurangi risiko downtime jaringan dan meningkatkan ketahanan Ethereum.
  • Operator Node: Melalui modul baru, jenis Operator Node tambahan seperti staker solo, grup kecil, DAO, dan operator node profesional akan dapat meningkatkan jalan mereka untuk berpartisipasi dalam protokol Lido.
  • Developer: Dapat mengusulkan dan mengimplementasikan modul menggunakan komposisi operator node yang berbeda dan dengan berbagai karakteristik kompetitif. Developer juga dapat mengajukan permohonan untuk dimasukkan ke dalam set modul Staking Router.

Masih dalam Proses Persetujuan

Proposal peningkatan ini masih dalam tahap persetujuan dari komunitas Lido yang sedang memberikan suara sebelum developer protokol memulai uji coba.

Lido juga telah merilis analitik untuk periode 30 Januari hingga 6 Februari di akun Twitter-nya (7/2). Data mengungkapkan bahwa Lido melampau 5,05 juta ETH yang di-stake pada beacon chain.

Total Valued Lock (TVL) Lido juga menunjukkan pertumbuhan mencapai $8,4 miliar, kemarin(8/2). Ada perubahan positif 3,83% dalam satu pekan terakhir.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.