Berita NFT · 7 min read

Lebih dari $100 Juta NFT Dicuri Scammer

Lebih dari $100 Juta NFT Dicuri Scammer

Laporan dari platform analis blockchain Elliptic mencatat bahwa lebih dari $100 juta NFT telah dicuri selama setahun terakhir. Pencuri NFT umumnya berhasil kabur dengan rata-rata $300.000 per pencurian.

“NFT paling berharga yang pernah dicuri adalah CryptoPunk #4324, yang dijual oleh pencuri setelah melakukan pencurian pada 13 November 2021 seharga $490.000, Sementara itu, pencurian tunggal terbesar engakibatkan hilangnya 16 NFT blue-chip senilai $ 2,1 juta pada 28 Desember 2021. ” Elliptic melaporkan.

Laporan yang berjudul “NFTs and Financial Crime,” juga menemukan bahwa lebih dari $8 juta dana terlarang telah dicuci melalui platform berbasis NFT sejak 2017, yang menyumbang 0,02% dari aktivitas perdagangan yang berasal dari sumber yang diketahui.

Non-Fungible tokens (NFT) merupakan token yang tidak dapat dipertukarkan dan token unik secara kriptografis yang terkait dengan konten digital dan fisik yang memberikan bukti kepemilikan.

Sementara itu, 23% dari semua NFT yang dicuri pada tahun 2022 berasal dari platform media sosial yang disusupi seperti Discord dan pesan phishing yang dikirim ke members.

Jumlah sebenarnya cenderung lebih tinggi, karena pencurian tidak selalu dilaporkan ke publik. Pencurian yang tidak dilaporkan ini, kata perusahaan, biasanya adalah NFT dengan harga lebih rendah,”menurut laporan dari Elliptic.

Aktivitas scam NFT. Sumber: Elliptic.

Banyak Terjadi Peretasan Pada NFT

Seiring dengan peningkatan substansial dalam jumlah peretasan keuangan terdesentralisasi (DeFi), ada juga peningkatan jumlah serangan yang menargetkan koleksi teratas dan anggota komunitas. 

Seperti yang dilaporkan, BAYC kehilangan aset digital senilai ETH 200 dalam eksploitasi pada awal Juni. Influencer NFT Zeneca dan platform pendaftaran NFT PREMINT juga menjadi korban peretasan pada pertengahan Juli.

Selain itu, NFT paling berharga yang pernah dicuri adalah CryptoPunk #4324, yang menjaring pencuri $490.000 pada November 2021. Koleksi tersebut dilaporkan karena aktivitas mencurigakan di platform OpenSea dan mengakibatkan hilangnya 16 NFT “blue chip” senilai $2,1 juta pada Desember 2021.

Laporan Elliptic juga menambahkan bahwa Tornado Cash, layanan mixer yang telah disetujui oleh pemerintah AS menjadi alat untuk pencucian uang dari 52% penipuan NFT.

Baca juga: Cara Amankan NFT dari Scammer!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.