Layanan Streaming Cina Bilibili Bisa Transfer NFT!

Anisa Giovanny

26th April, 2022

Bilibili, platform streaming video populer yang beroperasi di China dan digunakan oleh banyak orang di dunia untuk menonton berbagai tayangan mengumumkan, jika platformnya bisa melakukan transfer NFT.

Bilibili menjadi perusahaan besar kedua di China yang mengizinkan transfer NFT setelah Alibaba.

Platform ini membutuhkan jeda 30 hari antara setiap perdagangan, mirip dengan penguncian transfer 180 hari di Alibaba.  

Untuk saat ini platform hanya memungkinkan NFT untuk ditransaksikan.

NFT jenis lainnya akan diizinkan untuk transaksi pada Mei mendatang. Bilibili dapat menunda transfer NFT atau mengubah aturan jika ada aktivitas spekulatif.

Bilibili Tidak Ikuti Pedoman Pemerintah

Langkah Bilibili mengizinkan transaksi NFT ini sebetulnya tidak sejalan dengan sikap pemerintah China yang cenderung membatasi pergerakan NFT.

Baca juga: China Siapkan Infrastruktur NFT, Ini yang Perlu Diperhatikan

Negara tirai bambu ini merilis pedoman yang dikeluarkan oleh asosiasi industri besar untuk mengekang risiko yang terkait dengan aset digital.

Lembaga keuangan juga telah didesak untuk tidak memfasilitasi perdagangan NFT secara ilegal atau legal dengan membuat platfom perdagangan, dilansir dari South China Morning Post.

“Pedoman tersebut mungkin tidak terlalu berdampak pada NFT yang bersifat seni untuk saat ini. Selama tidak dibagi menjadi saham, NFT seni umumnya tidak homogen dan jauh dari produk keuangan,” kata  kata Charles He, seorang profesional seni NFT yang berbasis di China.

Otoritas China diketahui mewaspadai sifat terdesentralisasi dari blockchain dan NFT terbuka atas kekhawatiran tentang kemungkinan risiko keuangan sistemik.

NFT sering disebut sebagai barang koleksi digital di China dan harus dibeli menggunakan yuan alih-alih mata uang kripto, seperti pada blockchain terbuka seperti Ethereum dan Solana.

“Cryptocurrency seperti bitcoin, ether, dan tether tidak boleh digunakan untuk penetapan harga dan penyelesaian NFT,” kata pemberitahuan itu.

Selain Bilibili dan Alibaba Tencent Holdings,  pembuat pakaian olahraga Anta Sports Products, pembuat mobil listrik Xpeng, dan penyuling minuman keras Kweichow Moutai juga ikut serta dalam industri NFT.

Meskipun ada pembatasan, pasar NFT domestik China akan mencapai 29,8 miliar yuan (US$4,68 miliar) pada tahun 2026, menurut Guosen Securities.

Baca juga: NFT Musik, Potensi Baru yang Bisa Dimanfaatkan Musisi

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency