Berita Blockchain · 8 min read

Launchpad Memecoin Pump.fun Bakal Rilis Token dan Trading Terminal Baru

PUMP.FUN

Tim pengembang Pump.fun, sebuah platform launchpad memecoin berbasis Solana, telah mengumumkan rencana peluncuran token native mereka serta sebuah trading terminal baru yang dinamai Pump Advanced dalam sesi X Space pada 19 Oktober 2024.

Pump Advanced diklaim sebagai versi yang lebih canggih dibandingkan trading bot pesaing lainnya. Menurut tim pengembang, trading terminal ini akan dilengkapi dengan berbagai fitur inovatif, seperti mini-charts, statistik holder terbesar, dan aktivitas sosial, yang semuanya dirancang untuk membantu para trader memilah jutaan memecoin yang ada di Pump.fun.

Adapun, Pump Advanced akan tersedia tanpa biaya untuk bulan pertama, dan platform ini juga akan mengutamakan aspek keamanan dengan peningkatan sistem yang menggunakan teknologi Privy guna menciptakan non-custodial wallet.

Baca juga: Launchpad Meme Coin Pump.fun Dikecam Komunitas Kripto, Ini Alasannya!

Detail Token Pump.fun Masih Dirahasiakan

Meskipun tim pengembang telah memastikan bahwa platform ini akan meluncurkan token mereka sendiri, hingga kini belum ada informasi lebih lanjut mengenai waktu peluncuran ataupun detail terkait token tersebut. Namun, mengingat Pump.fun berbasis pada jaringan Solana, besar kemungkinan token ini juga akan menggunakan infrastruktur jaringan yang sama.

Selain itu, tim Pump.fun juga mengisyaratkan adanya airdrop token yang diklaim “akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan airdrop lainnya di ruang memecoin.”

Pump.fun merupakan salah satu launchpad yang memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk meluncurkan token sendiri dengan cara yang cepat dan sederhana, hanya melalui pengisian formulir singkat. Sejak diluncurkan pada Januari 2024, Pump.fun telah memfasilitasi peluncuran lebih dari 2,5 juta token, menghasilkan pendapatan hingga US$147 juta menurut data Dune Analytics

Kendati demikian, data dari Newton Einstein sebelumnya menunjukkan bahwa sekitar 99,99% dari koin yang diluncurkan di Pump.fun gagal mencapai nilai pasar yang signifikan. Mekanisme token yang diluncurkan dari Pump.fun adalah proyek meme coin akan terdaftar exchange terdesentralisasi (DEX) Raydium setelah mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$69.000.

Namun, data menunjukkan bahwa kurang dari 0,002% atau hanya sekitar 41 dari 1,7 juta proyek yang diluncurkan dari Pump.fun mampu mempertahankan kapitalisasi pasar sebesar US$1 juta. Bahkan, hanya sekitar 0,001% atau sekitar 15 proyek yang berhasil mencapai kapitalisasi pasar lebih dari US$10 juta.

Baca juga: Launchpad Memecoin Pump.fun Diretas, Rp30 Miliar Raib

Oleh karenanya, tim Pump.fun mengumumkan pada Agustus bahwa pihaknya akan memberi insentif hingga US$80 bagi para pencipta token yang berhasil menyelesaikan bonding curve dan meluncurkan tokennya di Raydium.

Meskipun tingkat kegagalan peluncuran token cukup tinggi, Pump.fun tetap menarik banyak pengguna dan mencatatkan volume transaksi yang signifikan. Pada 13 Agustus, platform ini berhasil menghasilkan lebih dari US$5,3 juta pendapatan hanya dalam satu hari, melampaui pendapatan gabungan dari 24 protokol terbesar pada periode yang sama.

Pada 14 Oktober, volume perdagangan Pump.fun mencapai rekor tertinggi, menembus angka US$1,1 miliar. Di antara banyaknya token yang diluncurkan melalui Pump.fun, beberapa memecoin yang viral baru-baru ini adalah Moo Deng (MOODENG) dan Goatseus Maximus (GOAT).

Baca juga: Memecoin GOAT Meroket 11.000% Berkat Promosi Bot AI

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.