Laba Hut 8 Meningkat, Akankah Berlanjut Setelah Halving?

Wafa Hasnaghina

9th April, 2020

Perusahaan Bitcoin Mining, Hut 8 telah mengumumkan statistik perusahaannya periode 2019. Laporan tersebut menunjukan pendapatan tahunan Hut 8 mencapai sekitar 82 Juta Dollar. 

Perusahaan yang terdaftar dalam CSE ini mengungkapkan pendapatan pada tahun 2019 dalam siaran persnya yang menyoroti pertumbuhan perusahaan di tahun tersebut. Hal ini menunjukan pertumbuhan sebesar 66% dari tahun 2018, di mana industi crypto mengalami bear market paling parah.

Peristiwa Penting Bagi Raksasa Mining Bitcoin Hut 8

Merujuk pada siaran pers perusahaan Hut 8, pertumbuhan pendapatan perusahaan dapat dikaitkan dengan akuisis 12 BlockBox baru. BlockBox adalah pusat data raksasa milik Bitfury yang dapat dimobilisasi dengan relatif mudah. Hut 8 dan Bitfurry bekerja sama dan telah menandatangani perjanjian sebagai mitra strategis pada tahun 2017. 

Hut 8 mencatat peningkatan hampir 50% dalam keuntungan mining (dari 24,5 menjadi 36,5 Juta Dollar), sebaliknya margin laba perusahaan turun dari 50% menjadi 45%. Menurut CFO Perusahaan, Jimmy Vaipoulos, “2019 adalah tahun tonggak sejarah” bagi raksasa Mining Bitcoin tersebut ketika perusahaan berhasil mencapai “garis bawah keuntungan”. Hal ini memungkinkan perusahaan dalam mengembangkan kapasitas operasinya serta membayar utang.

Baca Juga: Peran Stablecoin sebagai Hedging Pasca Bitcoin Halving Day

Halving Bitcoin Membuat Ketidakpastian di Tahun 2020 

Setelah tahun 2019 yang gemilang, Hut 8 memiliki awal yang agak bergejolak pada tahun 2020. Manajemen perusahaan melihat perubahan besar ketika CEO Andrew Kiguel meninggalkan jabatannya pada akhir Januari lalu. Pada saat yang sama, perusahaan mengumumkan kesepakatan yang diubah dengan Bitfury yang memungkinkan untuk secara signifikan mengurangi biaya operasi. 

Namun, masa depan tampak berawan ketika reward halving Bitcoin berkurang hampir setiap hari. Jika harga Bitcoin tetap stabil setelah halving, banyak perusahaan mining akan berhenti beroperasi karena aset profit mereka akan menurun tajam. Perihal mining Bitcoin akan tetap ekonomis setelah halving atau tidak, perkara ini harus tetap menjadi perhatian banyak pihak.

Sumber