Berita Blockchain · 5 min read

Mau Proyek Didanai Sequoia? Ini Dua Kriteria Utmanya!

Sequoia

Coinvestasi.com, Singapura. Daniel Chen, Partner di Sequoia Capital, salah satu perusahaan modal ventura terbesar di dunia, membocorkan kriteria mengenai proyek yang layak didanai oleh perusahaannya. 

Informasi ini diberikan pada acara Token2049 di Singapura dalam sesinya yang membahas mengenai bagaimana perusahaan modal ventura melakukan investasi di era bear market. 

Hemant Mohapatra, Partner Lightspeed Partners, Daniel Chen, Partner Sequoia Capital, Lasse Clausen, Founding Partner 1kx, Paul Veradittakit, Partner Pantera Capital, Haseeb Qureshi, Dragonfly Capital di Token2049

Sequoia Capital, sebagai salah satu perusahaan modal ventura terbesar di dunia dengan dana kelolaan sebanyak $85 Miliar dengan investasi pada perusahaan besar seperti Gojek, menjadi salah satu perusahaan yang kehadiran yang ditunggu di Token2049. 

Hal ini disebabkan banyak pendiri proyek yang ingin mengetahui bagaimana strategi mereka saat investasi dan apa saja kriteria kelayakan untuk mendapatkan pendanaan dari perusahaan tersebut. 

Daniel Chen menjelaskan bahwa ada dua hal utama yang dilihat dari Sequoia Capital saat ingin investasi ke sebuah proyek atau perusahaan terutama di kripto.  

Baca juga: 5 Tips Bisnis Kripto Sukses dari CEO Nansen

Pendiri Proyek Kredibel dan Gigih

Hal pertama yang menurutnya penting dan dilihat adalah pendirinya itu sendiri. Ia merasa bahwa Sequoia Capital akan mencari pendiri proyek atau perusahaan yang gigih yang mau berusaha keras dan berjuang. Ia menyatakan,  

“Kami mencari pendiri proyek yang di luar rata-rata (outlier). Pendiri yang kami percaya bisa kami ajak kerjasama dan bisa kami ajak tumbuh bersama dalam jangka panjang. Jadi ya nomor satu kami sangat melihat bagaimana cara kerja pendiri perusahaan itu.”

Ia melanjutkan pentingnya pendiri dengan menceritakan pengalamannya sendiri sebagai investor dan pendiri proyek. Daniel Chen merasa bahwa untuk menemukan pendiri yang kuat, seorang investor juga harus pernah mengalami kehidupan seorang pendiri. 

Sebab, menurutnya gaya hidup seorang pendiri adalah gaya hidup yang keras dan sering kali banyak pendiri yang menyerah dan tidak bisa berjuang untuk membesarkan perusahaannya.

Ia merasa bahwa tipe pendiri yang mudah menyerah akan merugikan investor terutama perusahaan modal ventura karena tidak bisa dipercaya dan diajak bekerjasama dalam jangka panjang.

Wajib Memiliki Inovasi 

Kriteria kedua adalah inovasi, Chen merasa bahwa saat ini inovasi dan pengetahuan baru adalah hal yang penting untuk sebuah proyek dan pendiri proyek itu sendiri. 

“Salah satu hal lain yang kami cari adalah ide unik dan pengetahuan baru yang juga diseimbangkan dengan kemampuan pendirinya itu sendiri,” ujarnya. 

Daniel Chen merasa bahwa saat ini banyak proyek yang didirikan tanpa adanya inovasi sehingga membuat proyeknya sia-sia. 

Selain itu ia menambahkan bahwa saat ini banyak proyek yang menganggap diri mereka baru namun hanya menggunakan beberapa perubahan dari sisi tampilan situs atau aplikasi agar terkesan melakukan inovasi, padahal tidak ada suatu kebaruan yang mereka berikan.

Karena itu ia menekankan, inovasi dari sisi teknologi atau kegunaan menjadi sangat penting karena akan menyelesaikan masalah yang akan mendorong permintaan serta pengguna baru terhadap proyek tersebut. 

Jika permintaan dan kegunaan naik maka secara logis nilai dari proyek itu akan naik dan kemudian akan membawa keuntungan bagi pemberi dana atau perusahaan modal ventura yang menginvestasikan modal. 

Dua hal ini adalah kriteria yang menurut Daniel Chen penting saat Sequoia Capital dan perusahaan modal ventura lain ingin investasi di sebuah proyek. 

Baca juga: Eksklusif Token2049 Singapura, CEO AAVE Optimis DeFi Bangkit Lagi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.