Berita Bitcoin · 8 min read

Harga Bitcoin Tembus $17 Ribu, Altcoin Naik Signifikan

Kripto hari ini

Kripto menunjukan pergerakan positif awal pekan ini, harga Bitcoin kembali menembus harga $17.000 per 9 Januari 2023, setelah dua minggu terakhir bertahan di level $16.000. Pukul 13.30 WIB diperdagangkan pada harga $17.219.

Altcoin juga menunjukan performa yang lebih baik daripada BItcoin dari segi kenaikan harga. Dengan naiknya harga kripto, kapitalisasi pasar kripto juga meningkat sebesar $23,7 miliar atau Rp369,3 triliun hanya dalam 12 jam terakhir.

Kenaikan harga kripto ini juga memakan korban dari perdagangan futures yang telah mengalami likuidasi yang signifikan karena kenaikan yang tiba-tiba.

Bitcoin Tembus $17 Ribu

Dalam dua minggu terakhir, Bitcoin mengalami sideways dalam rentang harga $16.000 – $17.000. Per artikel ini ditulis, Bitcoin diperdagangkan pada harga $17.253, naik +1,74% dalam 24 jam terakhir.

Dilihat dari volume transaksi, volume Bitcoin juga mengalami kenaikan sebesar +70% dalam 24 jam terakhir dengan volume $13 miliar.

Kenaikan harga Bitcoin.
Kenaikan harga Bitcoin. Sumber: Tradingview

Dalam jangka waktu pendek, berdasarkan indikator Fibonacci retracement terlihat bahwa Bitcoin berusaha mempertahankan momentum kenaikan di atas $17.150.

Terdapat beberapa support yang terbentuk yakni pada harga $16.950, $16.750, dan $16.580. Karena Bitcoin baru kembali menembus $17.000, maka kemungkinan besar Bitcoin baru hanya menguji level harga ini.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin 2023 dari Pakar Kripto Indonesia

Total Likuidasi Capai Rp2,9 Triliun

Kenaikan kripto yang tiba-tiba ini pun membuat trader yang memasang posisi short di perdagangan kontrak berjangka harus gigit jari. Terdapat kerugian sebesar $186 juta atau Rp2,9 triliun akibat terlikuidasi dalam 24 jam terakhir dilansir dari Coinglass.

Posisi perdagangan dengan likuidasi terbesar adalah Ethereum dengan total likuidasi mencapai $49,46 juta, kedua adalah Cardano dengan total likuidiasi sebesar $26,16 juta, dan ketiga adalah Bitcoin sebesar $22,51 juta.

Altcoin dengan Kenaikan Signifikan

Bahkan dalam kenaikan di awal pekan ini, semua altcoin top 100 berdasarkan coinmarketcap memiliki performa lebih baik dari segi harga ketimbang stablecoin sehingga tidak ada top loser atau penurunan tertinggi.

Top gainer berikut adalah altcoin top 100 berdasarkan valuasi dengan performa harga terbaik dalam 24 jam terakhir:

  1. Zillica (ZIL), +31,1%
  2. Lido DAO (LDO), +29,0%
  3. Solana (SOL), +23,0%
  4. Optimism (OP), +20,2%
  5. Cardano (ADA), +19,8%

Baca juga: Harga Solana Naik 40% Dalam Sepekan, Ini Analisis Pergerakan Harga Selanjutnya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.