Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 7 min read

Prediksi Harga Bitcoin 2023 dari Pakar Kripto Indonesia

Prediksi harga Bitcoin 2023 dari pakar kripto Indonesia

Bitcoin harus menutup tahun 2022 di level US$16.000, level ini menandai harga BTC telah turun lebih dari 65% dari harga tertingginya sebesar US$69.000 pada November 2021.

Bitcoin memang telah mengalami tekanan berat sepanjang 2022, dari mulai konflik Rusia dan Ukraina, kebijakan marko ekonomi seperti kenaikan suku bunga, kehancuran Terra Luna, FTX, dan beberapa perusahaan kripto besar lainnya.

Setelah serangkaian tekanan itu, bagaimana harga Bitcoin di 2023? Untuk mendapatkan jawabannya, Coinvestasi pun melakukan interview eksklusif dengan pakar-pakar kripto di Indonesia. 

Chief Marketing Pintu, Timothius Martin, menjelaskan, “Secara makro-ekonomi saat ini semua sedang dalam kondisi yang challenging yang dipengaruhi beberapa faktor ekonomi global yang turut memberi tekanan, seperti inflasi, naiknya suku bunga dari The Fed, bayangan resesi global, hingga kondisi geopolitik yang memicu kenaikan harga-harga komoditas. Hal tersebut menjadi pemicu lambatnya pertumbuhan ekonomi dan juga berbagai instrumen investasi salah satunya kripto,” jelasnya. 

“Jika faktor-faktor di atas membaik di tahun depan, dan ditambah regulasi yang semakin jelas di berbagai negara, serta tumbuhnya “use-cases” crypto / web3, maka hal tersebut bisa dapat berpengaruh positif terhadap harga aset kripto,” katanya.

Sementara itu CEO Indodax, Oscar Darmawan, mengatakan, “Saya rasa bitcoin tetap ada kemungkinan bisa turun tapi akan sangat sulit sekali harga mencapai dibawah US$10.000.” 

Menurutnya hal itu dimungkinkan karena Bitcoin sendiri diciptakan oleh proses penambangan yang membutuhkan modal besar untuk mendapatkan satu keping Bitcoin. Biaya nya pun tidak akan mungkin lebih rendah dari biaya eksplorasi yang ditimbulkan. 

Penurunan harga Bitcoin di 2023 pun masih akan terus berlanjut menurut Oscar, karena kasus black swan dari FTX yang terjadi beberapa waktu lalu. 

“Saya perkirakan di Q1 dan Q2 2023 kita bisa melihat keseluruhan damage dari FTX ini. Namun saya optimis setelah paruh tahun 2023 Bitcoin akan berangsur membaik melihat para investor menyiapkan diri untuk menyambut Bitcoin Halving Day berikutnya yang sangat berpengaruh menaikkan harga Bitcoin,” katanya. 

Teguh Harmanda, Ketua Aspakrindo pun turut membagikan pandangannya soal harga Bitcoin 2023. Ia meyakini Bitcoin masih akan alami koreksi tahun ini. 

“Melihat kondisi crypto winter yang belum menunjukan kehangatan, market kripto khususnya Bitcoin masih akan ada koreksi di tahun 2023. Proyeksi sampai awal tahun 2023, kondisi pasar bearish, harga BTC bisa berada di antara US$15.000 hingga US$21.000, katanya. 

Teguh Harmanda, menjelaskan, “Diproyeksikan koreksi terendah BTC bisa mencapai level sekitar US$13.000-an atau 80% dari posisi ATH-nya di November 2021 lalu. Sedangkan, harga tertinggi kemungkinan bisa bull run menyentuh US$29.000-US$ 30.000.”

“2023 kripto masih akan terjadi fluktuasi yang tinggi. Mungkin di awal tahun 2023 akan ada penurunan lagi dari posisi harga saat ini. Mengapa? Pertimbangannya situasi makroekonomi global belum membaik, tingkat inflasi banyak negara masih tinggi, dan kenaikkan suku bunga The Fed kemungkinan besar masih terus berlanjut,” katanya.

Baca juga: 8 Prediksi Kripto dan Harga Bitcoin 2023 dari Para Analis!

Ingin tahu outlook Bitcoin dan kripto secara menyeluruh di 2023? Daftarkan diri kamu di Crypto Investor Outlook 2023 sekarang!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.