Analisis · 7 min read

Harga Solana Naik 40% Dalam Sepekan, Ini Analisis Pergerakan Harga Selanjutnya!

Harga Solana naik

Harga Solana (SOL) sempat mengalami penurunan hingga di bawah $10 ke harga terendah $7,98 pada 30 Desember 2022 dini hari. Dalam sepekan terakhir, Solana berhasil bangkit dengan kenaikan 40% dan diperdagangkan pada harga $13,16 per 6 Januari 2023 pukul 11.30 WIB.

Apa yang menyebabkan harga Sol naik dan bagaimana pergerakan harga aset kripto itu selanjutnya? Simak ulasannya di artikel berikut.

Penyebab Kenaikan Harga Sol

Kenaikan harga Sol ini turut dipicu dengan kehadiran Bonk, memecoin pertama di jaringan Solana. Bonk menunjukan kenaikan lebih dari 2.000% selama satu hari dan secara bersamaan harga SOL juga mengalami kenaikan.

Kenaikan ini besar kemungkinan dipicu oleh yield-farming di dApps berbasis Solana yang mendukung farming dengan token liquidity provider (LP) pasangan BONK dan Solana (BONK-SOL). Seperti yang terlihat pada salah satu dApps DEX Orca yang memberikan imbal hasil lebih dari +999% APR pada token LP BONK-SOL.

Gambar: Yield farming token LP pada DEX Orca

Hal ini memicu orang untuk membeli BONK dan Solana secara bersamaan untuk mendaftarkannya menjadi token LP yang akan digunakan untuk farming.

Baca juga: Mengenal Memecoin Bonk, Dogecoin Versi Solana

Pergerakan Harga Sol Selanjutnya

BONK listing pertama kali di DEX berbasis Solana pada 3 Januari 2023. Bersamaan dengan hari tersebut, harga SOL mengalami kenaikan dan kembali berada di atas $10 dimana sebelumnya sempat terpukul hingga ke harga $7,98.

Dalam sepekan terhitung 30 Desember 2022 pukul 11.30 WIB, harga SOL menguat +40% dan diperdagangkan pada harga $13,16 per 6 Januari 2023 pukul 11.30 WIB.

Gambar: Harga SOL naik +40% dalam sepekan

Dengan analisis teknikal menggunakan Fibonacci retracement terbentuk level support Solana di harga $8 dan $5 serta level resistance di harga $15,36 dan $18,27.

Saat ini Solana berada di harga $13,16 dan berada di garis Fibonacci, jika Solana berhasil mempertahankan level ini maka ada kemungkinan besar akan menuju ke resistance $15,36.

Baca juga: Harga Sol Naik 12%, Market Cap Sentuh $4 Miliar!


Kemunculan BONK sebagai memecoin pertama bisa dikatakan menolong harga Solana untuk rebound. BONK juga bisa menjadi inspirasi komunitas Solana untuk membuat memecoin dan meramaikan jaringan Solana kembali. Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa memecoin cenderung bersifat spekulatif daripada mengedepankan utilitas.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.