Berita Bitcoin · 7 min read

Kripto Hari Ini: Harga Bitcoin Pertahankan Support, CSPR dan QNT Naik

Bitcoin masih di Support

Pasca laporan indeks CPI, Bitcoin sempat turun ke harga $18.176 menuju support namun berhasil rebound di atas $19.000 dan mempertahankan support.

Dalam 24 jam terakhir per tanggal 17 Oktober 2022, Bitcoin tidak menunjukan pergerakan harga signifikan dengan mengalami kenaikan hanya 0,27%.

Sementara pada deretan kripto top 100 berdasarkan valuasi pada coinmarketcap, koin Casper (CSPR) dan token Quant (QNT) memimpin kenaikan harga yakni +15% dan 10% dalam 24 jam terakhir.

Harga Bitcoin Hari Ini

Bitcoin sempat mencatatkan harga terendah paska laporan CPI dan berhasil membalikkan harga sebesar 9% setelahnya dan nyaris menyentuh $20.000 pada 14 Oktober 2022 pukul 08.00 WIB.

Seperti pergerakan harga sebelumnya, $20.000 masih menjadi harga ‘keramat’ bagi Bitcoin dimana Bitcoin tidak dapat bertahan ketika menyentuh harga tersebut.

Setelah kenaikan paska laporan indeks CPI, Bitcoin belum berhasil menembus $20.000 dan terhempas ke harga $19.000. Saat ini Bitcoin stabil berada di harga $19.000 – $19.200.

Gambar: Bitcoin Hampir Menyentuh $20.000 dan Kembali Stabil di Area $19.000

Salah satu alasan Bitcoin dapat mempertahankan support adalah para pemegang Bitcoin sedang tidak ingin melakukan penjualan secara masif meskipun berdasarkan laporan indeks CPI, inflasi di Amerika Serikat masih tinggi.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah Bitcoin yang berada di exchange yang berkurang sebelum laporan indeks CPI. Tercatat lebih dari 60.000 Bitcoin keluar dari exchange per 9 Oktober 2022 dengan laju tertinggi pada tanggal 11 Oktober 2022.

Gambar: Sejumlah 60.000 Bitcoin Keluar dari Exchange Sebelum Laporan Indeks CPI

Saat ini pergerakan harga Bitcoin masih stabil di rentang harga $19.000 – $19.200 dan masih menunggu momen penting lainnya seperti laporan suku bunga acuan pada pertemuan FOMC 2 November 2022 mendatang.

Baca juga: Kripto Pekan Ini: Bitcoin Uji Support Lagi, XRP Tembus $0.5

Casper (CSPR) dan Quant (QNT)

Pada kripto top 100 berdasarkan valuasi, terlihat bahwa belum ada pergerakan yang signifikan terkecuali dua aset kripto Casper (CSPR) dan Quant (QNT).

CSPR mengalami kenaikan sebesar +15% dalam 24 jam terakhir dan menduduki peringkat 69. QNT mengalami kenaikan sebesar +10% dalam 24 jam terakhir dan menempati peringkat 28.

Casper (CSPR)

Casper merupakan blockchain yang diluncurkan pada Maret 2021 dengan konsensus proof of stake dengan kontrak pintar yang sudah dimutakhirkan sehingga gas fee untuk setiap transaksi menjadi terprediksi.

Gambar: Grafik Harga CSPR, Mengalami Kenaikan 106% dalam 1 Bulan

Jika dilihat historis pergerakan harga CSPR, terbilang CSPR memiliki performa yang bagus dalam 1 bulan terakhir dengan kenaikan +106%. Kenaikan yang paling signifikan terjadi dalam sepekan terakhir salah satunya kenaikan dalam 24 jam per tanggal 17 Oktober 2022 sebesar 15%.

Kenaikan dalam sepekan sudah cukup signifikan sehingga indikator RSI menunjukan overbought mengindikasikan potensi selling pressure yang besar. Jika aksi penjualan tinggi benar terjadi, maka CSPR bisa menuju support di $0,037. Saat ini harga CSPR adalah $0,05.

Quant (QNT)

Proyek Quant dimulai pada tahun 2018 dengan teknologi overledger bertujuan untuk menghubungkan antar blockchain sehingga developer dapat membangun aplikasi terdesentralisasi secara multi-chain (MApps).

Gambar: Grafik Pergerakan Harga QNT Mengalami Kenaikan +113% dalam 1 Bulan

QNT mengalami uptrend dalam 1 bulan terakhir dengan kenaikan +113%. Berbeda dengan CSPR, kenaikan QNT terjadi secara perlahan sehingga dari segi teknikal menggunakan indikator RSI belum terlihat tanda-tanda selling pressure yang kuat. Dalam 24 jam terakhir QNT mengalami kenaikan +10% dengan harga $200.

Baca juga: Harga Kripto Akhir Pekan: Bitcoin dan Altcoin Relatif Stabil

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.