Berita NFT · 5 min read

Korea Selatan Bangun Metaversenya Sendiri!

Korea Selatan Bangun Metaversenya Sendiri

Pemerintah negara dan sektor swasta Korea Selatan berencana menciptakan kota Seongnam dalam bentuk metaverse dan memberikan warga akses informasi layanan kota menggunakan non-fungible token (NFT).

Rencana ini diajukan oleh pejabat kota Seongnam, Provinsi Gyeonggi dengan julukan proyek “Metaverse Special City Seongnam” yang dijadwalkan akan selesai pada paruh pertama 2023, dikutip data dari media lokal, Jumat (16/09/2022).

Seongnam adalah kota berpenduduk 1 juta orang, dan sering disebut sebagai kota satelit Seoul. Rencananya komponen utama dari proposal metaverse tersebut adalah penghuni dapat mengakses layanan dan informasi utama NFT serta pembangunan platform kota Seongnam di Metaverse yang akan direncanakan bulan depan.

Ketika hasil layanan dirilis pada April tahun depan, rencana implementasi terperinci akan dikonfirmasi. Selanjutnya kota virtual akan mulai beroperasi pada Mei atau Juni tahun depan.

Baca juga: Mengenal Metaverse, Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Kota Lain di Korea Selatan dalam Metaverse

Menteri Sains dan ICT Lim Hyesook menyebut metaverse sebagai “benua digital yang belum dipetakan dengan potensi tidak terbatas,” Korea Selatan pun telah mengalokasikan 223,7 miliar won ($ 177,1 juta) untuk upaya tersebut.

Di tingkat kota, pemerintah metropolitan Seoul sedang membangun platform metaverse senilai 3,9 miliar won yang memungkinkan warga mengakses layanan publik secara virtual.

“Kami akan mencoba memberikan layanan yang lebih baik melalui umpan balik peserta pada platform metaverse yang didorong oleh Seoul,” dilansir dari The  Crypto Times.

Uji coba tahap pertama dalam proyek “Metaverse Seoul” telah dilakukan pada Rabu, 31 Agustus 2022.  Dalam uji coba ini terdapat rekonstruksi virtual balai kota Seoul yang akan didatangi sekitar 3.200 peserta. Mereka akan diajak berkeliling, berinteraksi, membaca buku, dan kegiatan virtual lainnya.

Pada akhir November 2022, tahap pertama Metaverse Seoul direncanakan akan resmi dikenalkan. Peluncuran tahap pertama akan mencakup layanan digital yang dapat diterapkan oleh warga dengan menerima berbagai dokumen bukti dan menggunakan pusat pengaduan metaverse dengan layanan obrolan langsung.

Baca juga : 10 Cara Menghasilkan Uang di Metaverse

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.