Berita Industri · 6 min read

Komite Pro Politisi Kripto Diguyur Donasi Rp41 Miliar Jelang Pemilu AS

donasi kripto untuk pemilu AS

Miliarder kripto sekaligus pendiri pertukaran kripto Gemini, Tyler dan Cameron Winklevoss, memberikan donasi sebesar US$4,9 juta (Rp41 miliar) kepada Fairshake yang didedikasikan untuk mendukung pro -politisi kripto. Fairshake merupakan bagian dari Politic Action Commitee (PAC).

PAC dilarang mengirimkan uang langsung ke kandidat politik dan Fairshake telah muncul sebagai salah satu kekuatan pendanaan kampanye paling menonjol yang mendukung kripto.

Dana Mobilisasi Politik untuk Pemilu AS

Donasi dari Winklevoss ini kemungkinan akan digunakan sebagai mobilisasi politik komunitas kripto menjelang pemilu AS pada November tahun 2024 yang akan memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Senat, dan presiden. 

Tujuan kolektifnya adalah untuk memperjuangkan kerangka legislatif yang menempatkan Amerika Serikat sebagai pemimpin dalam inovasi internet generasi berikutnya.  

Fairshake telah menarik dukungan dari beragam raksasa industri kripto, termasuk Coinbase, Andreessen Horowitz (a16z), Kraken, dan Ripple Labs, serta kontribusi individu dari tokoh berpengaruh seperti Marc Andreessen dan Ben Horowitz. 

Selain Winklevoss, donor terbesar Fairshake tahun ini adalah Payward Inc., yang menjalankan pertukaran kripto, Kraken. Perusahaan tersebut memberikan donasi US$750.000 pada 12 Januari. Kemudian pada 26 Januari mendapatkan donasi dari Electric Capital sebesar US$500.000.

Baca juga: Senator AS Ini Terancam Gagal Menang Pemilu karena Kripto

Fairshake Kumpulkan Dana US$85 Juta 

Dilansir dari Coindesk, secara keseluruhan, Fairshake telah mengumpulkan lebih dari US$85 juta untuk mendukung para pemimpin yang mendukung kripto dan blockchain, menurut OpenSecrets.org. 

Strategi Fairshake mencakup investasi yang signifikan dalam periklanan politik, dengan lebih dari US$1,2 juta dihabiskan untuk iklan televisi untuk mendukung para pemimpin yang ramah terhadap kripto dan menentang kandidat yang dianggap anti-kripto. 

Pada 13 Februari, pelacak iklan politik mengungkapkan bahwa Fairshake telah menghabiskan US$3,6 juta untuk menentang kandidat Senat Demokrat California yang anti-kripto, Katie Porter, pengeluaran terbesarnya untuk mempengaruhi pemilu sejauh ini. Pada saat yang sama, mereka mendukung tokoh-tokoh seperti Perwakilan Patrick McHenry, yang mengadvokasi reformasi regulasi kripto. 

Pada 18 Februari, kritikus kripto Elizabeth Warren mengatakan bahwa PAC super dapat “menghabiskan sejumlah uang yang diperlukan” untuk mencoba menghentikan pencalonannya di Senat. Warren dikenal kritikus aset kripto dan mendesak pemerintah AS untuk meregulasi aset tersebut.

Baca juga: Satoshi Nakamoto dapat Penghargaan dari Amerika Serikat? Ini Faktanya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.