Berita Bitcoin · 7 min read

Ketua IMF Sebut Bitcoin Bukan Ancaman Dolar AS

IMF

Kepala Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva, membagikan pandangannya tentang kripto dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Finance pekan lalu. 

Georgieva mengatakan pentingnya untuk membedakan kelas aset antara uang, kripto, dan Bitcoin.

“Pandangan kami adalah kami harus membedakan antara uang dan aset. Ketika kita berbicara tentang kripto, kita sebenarnya berbicara tentang kelas aset,” katanya.

Georgieva menambahkan bahwa kripto bisa jadi tidak berisiko bagi yang memiliki dukungan dan jaminan. Namun akan menjadi lebih berisiko jika tidak memiliki dua hal tersebut.

“Tetapi kripto ini bukan uang dalam arti konvensional, melainkan lebih seperti sebuah dana pengelolaan keuangan,” tegasnya.

Baca juga: IMF Desak Negara di Dunia Lebih Proaktif dengan CBDC

Bitcoin Bukan Ancaman Dolan AS

Ia juga dengan tegas mengatakan bahwa Bitcoin bukan sebuah ancaman dan tidak akan menggantikan dolar AS. Beberapa alasan utamanya adalah kokohnya perekonomian AS, kedalaman pasar modalnya, dan peran dolar AS dalam perdagangan internasional. 

“Jadi, saya tidak terburu-buru mengubah dolar saya menjadi mata uang lain. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh melakukan diversifikasi. Tapi, saya tidak akan terlalu khawatir tentang [bitcoin menyaingi dolar],” katanya. 

Sementara mengakui kripto sebagai kelas aset, pada bulan Desember tahun lalu, Georgieva menyerukan pembentukan peraturan yang jelas dan infrastruktur yang kuat di seluruh dunia untuk memitigasi risiko yang terkait dengan aset kripto. Menurutnya adopsi kripto yang tinggi dapat merusak stabilitas makro keuangan. 

“Tujuan kami adalah membuat sistem keuangan lebih efisien, dapat dioperasikan, dan dapat diakses dengan memberikan aturan untuk menghindari risiko kripto, dan infrastruktur dengan memanfaatkan beberapa teknologinya,” ungkapnya.

Baca juga: IMF Pilih Perjelas Aturan Kripto Daripada Melarangnya


Pengakuan IMF terhadap kripto sebagai kelas aset yang muncul menandai tonggak penting dalam evolusi aset digital. Namun, pernyataan Georgieva bahwa Bitcoin tidak akan menggantikan dolar AS menyoroti kekuatan mata uang fiat tradisional dan pentingnya stabilitas dalam sistem keuangan global.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.