Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain · 5 min read

Kehancuran FTX, Terra, dan 3AC, Mana yang Paling Merugikan Investor?

Kehancuran FTX, Terra, dan 3AC

Di 2022 pasar kripto mengalami berbagai guncangan yang besar karena kehancuran bursa kripto FTX, stablecoin Luna, Celsius, hingga aset manajemen Three Arrows Capital (3AC).

Di antara itu semua, mana kehancuran perusahaan kripto yang paling merugikan investor kripto? Simak ulasannya berdasarkan laporan dari Chainalysis.

Kerugian Luna, 3AC, dan FTX

Chainalysis memberikan perincian tentang kerugian yang direalisasikan oleh keruntuhan Terra, 3AC, dan FTX.

Pada Mei 2022, stablecoin UST Luna mengalami depeg, atau kehilangan nilai dari aset yang jadi acuannya. Laporan data Chainalysis memperkirakan kerugian investor Luna sebesar US$20,5 miliar (Rp320 triliun).

Kehancuran Luna dan kerugian yang ditimbulkan berdampak kepada Celsius dan Three Arrows Capital yang menyatakan kebangkrutan padaJuli 2022. Laporan data Chainalysis memperkirakan kerugian investor Celsius dan 3AC sebesar US$33 miliar (Rp515 triliun)

Selanjutnya, kerugian investor bursa kripto FTX yang bangkrut pada November lalu, diperkirakan sebesar US$9 miliar (Rp140 triliun) menurut Chainalysis

Jadi dari sudut pandang pasar secara luas sesuai data di atas, studi tersebut menyimpulkan bahwa dampak kerugian Celsius dan 3AC yang terealisasi jauh lebih signifikan daripada Terra UST dan FTX.

Dengan demikian, Chainalysis mengatakan bahwa bencana FTX bukanlah masalah terbesar yang dihadapi oleh investor kripto pada tahun ini. 

Baca Juga: 5 Perusahaan Kripto yang Bangkrut di 2022

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.