Keluar dari Koreksi, Reli Harga Tezos Naik 50%

Rossetti Syarief

8th December, 2021

Tezos (XTZ) berhasil keluar dari koreksi harga dan alami reli 50% dalam waktu singkat. Faktor utama dari pemulihan harga tersebut adalah kemitraan jaringan dengan platform NFT terbaru bernama Ubisoft.

Menurut data yang dilansir oleh TradingView, setelah mencapai titik terendah di harga $3,23 pada 3 Desember, harga XTZ naik 50% dan berhasil keluar dari koreksi serta mencapai intraday high dengan harga $5,45.

Grafik pergerakan harga Tezos

Pada saat penulisan, Tezos kembali naik dan diperdagangkan dengan harga $5,58.

Sementara itu, ada faktor pendukung lain yang menunjang pemulihan harga Tezos selain kemitrannya. Dan berikut adalah penjelasannya:

Kemitraan Jaringan dengan Platform Ubisoft

Upgrade terbaru untuk Tezos, yang benar-benar membuat harganya naik secara signifikan adalah pengumuman kemitraan jaringan dengan video game maker, Ubisoft. 

Perusahaan game tersebut akan meluncurkan Ubisoft Quartz, sebuah platform yang memberi kesempatan pengguna untuk mendapatkan NFT yang disebut ‘Digits’.

Game berbasis blockchain tersebut telah muncul sebagai salah satu sektor paling banyak dibicarakan dari ekosistem cryptocurrency pada paruh kedua tahun 2021. 

Kemitraannya dengan salah satu video game maker terbesar di dunia, akan sangat menguntungkan jaringan dan memungkinkan Tezos menghasilkan bullish dalam jangka.

Beta untuk Ubisoft Quartz dijadwalkan akan diluncurkan pada 9 Desember mendatang dan akan terbuka untuk pemain Tom Clancy’s Ghost Recon: Breakpoint. 

Sementara itu, untuk players yang memenuhi kriteria dapat mengklaim tiga item kosmetik NFT sekaligus secara gratis. Namun, penawaran ini hanya berlaku untuk users baru platform.

Baca juga: 7 NFT Marketplace di Tezos Raih Peningkatan Transaksi Signifikan

Fokus Protokol yang Baik

Alasan lain mengapa jaringan Tezos dapat bertumbuh dengan pesat adalah karena fokus protokolnya yang baik. Yaitu untuk menciptakan jaringan blockchain yang ramah lingkungan serta berkelanjutan. 

Tezos menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake yang dikenal menawarkan alternatif hemat energi.

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh proyek tersebut, total jejak karbon tahunan dari blockchain Tezos setara dengan jejak energi rata-rata dari 17 warga dunia.

Pengurangan energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan jaringan Tezos, yang telah menjadi tujuan proyek selama beberapa waktu, telah menghasilkan 70% peningkatan efisiensi energi per transaksi untuk jaringan pada tahun 2021.

Kebutuhan listrik per transaksi Tezos di tahun ini juga telah berkurang 30% dari yang sebelumnya.

Volume Transaksi dan Pendapatan Meningkat

Dalam waktu singkat, jaringan Tezos telah melihat peningkatan volume transaksi serta pendapatan protokol yang meningkat dengan baik.

Volume transaksi harian XTZ vs. total pendapatan

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, volume transaksi dalam Tezos melonjak ke rekor tertinggi $369 juta pada 3 Desember, yang bisa menjadi petunjuk bahwa beberapa investor telah mengetahui berita Ubisoft sejak saat itu.

Data VORTECS™ dari Cointelegraph Markets Pro juga mulai mendeteksi prospek bullish untuk XTZ sejak 5 Desember, sebelum kenaikan harga baru-baru ini.

Sementara itu, skor VORTECS™ sendiri merupakan perbandingan algoritmik dari kondisi pasar historis yang diperoleh dari kombinasi titik data termasuk sentimen pasar, volume perdagangan, pergerakan harga terkini, serta aktivitas Twitter.

Data VORTECS™ Tezos

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, Skor VORTECS™ untuk XTZ mulai meningkat pada 4 Desember dan mencapai tertingginya pada 5 Desember, sekitar 21 jam sebelum harga naik 49% selama dua hari berikutnya.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.