Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 8 min read

Kekayaan CZ Meningkat Walau Tersangkut Hukum

cz

Menurut data dari Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Changpeng Zhao (CZ) telah bertambah sebesar US$23,6 miliar pada tahun 2023, menjadikannya orang ke-37 terkaya di dunia.

Kekayaan CZ Bertambah Walaupun di Denda US$4,3 Miliar

Kekayaan mantan CEO Binance, Changpeng Zhao mengalami peningkatan sebesar US$23,6 miliar menjadi US$36,2 miliar sepanjang tahun 2023.

Kekayaan Zhao berasal dari kepemilikan mayoritasnya atas Binance. Pertumbuhan signifikan ini terjadi di tengah pemulihan harga Bitcoin sejak awal tahun 2023.

cz
Gambar: CZ menempati peringkat 37 orang terkaya di dunia. Sumber: Bloomberg

Namun, portofolio CZ dalam aset kripto seperti Bitcoin dan Binance Coin (BNB), tidak termasuk dalam estimasi US$36,2. Menurut Bloomberg Billionaires Index, jumlah persis dari nilai aset dalam bentuk kripto tersebut tidak diungkapkan.

Baca juga: Harga BNB Anjlok Usai CZ Undur Diri dari Binance

Namun, kekayaan Zhao saat ini jauh lebih rendah daripada puncaknya yang hampir mencapai US$97 miliar pada awal tahun 2022.

Menariknya, peningkatan US$23,6 miliar dalam kekayaan Zhao lebih dari lima kali lipat jumlah denda US$4,3 miliar yang dijatuhkan pada Binance oleh otoritas AS. Pada bulan November 2023, Zhao dan Binance mengaku bersalah atas tuduhan terkait pencucian uang dan pelanggaran sanksi AS.

Perjanjian dengan otoritas AS memungkinkan Binance untuk melanjutkan operasinya tetapi meminta Zhao untuk pensiun sebagai CEO dan membayar denda sebesar US$50 juta secara pribadi sambil tetap mempertahankan saham kepemilikannya di bursa tersebut.

Baca juga: Changpeng Zhao Resmi Resign dari Binance dan Bayar Denda ke AS


Selain CZ, tokoh kripto terkemuka yang tercatat kekayaannya melonjak di tengah pemulihan pasar kripto adalah Brian Armstrong, CEO Coinbase dengan peningkatan kekayaan sepanjang tahun sebesar US$5,8 miliar dengan kekayaan total US$7,2 miliar.

Demikian pula, Tyler dan Cameron Winklevoss, pendiri bursa Gemini, masing-masing telah mengalami peningkatan kekayaan sebesar US$1,4 miliar di tahun ini.

Baca juga: Gemini Katakan Genesis Lakukan Fraud, Barry Silbert Beri Tanggapan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.