Pertama di Indonesia! Jukiverse NFT Exhibition Hadir di Metaverse dan Dunia Nyata

Anisa Giovanny

3rd June, 2022

Setelah sukses merilis 3456 koleksi NFT “Lost in Jukiverse” yang habis terjual dalam hitungan menit, Si Juki karya Faza Meonk akan hadir dalam Jukiverse NFT Exhibition di Sarinah lantai 1 Area Untaian, tanggal 3-12 Juni 2022. 

Jukiverse NFT Exhibition ini merupakan pameran NFT pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara hybrid di metaverse dan dunia nyata secara bersamaan.

Kegiatan ini diselenggarakan secara kolaboratif oleh kreator IP Si Juki (Faza Meonk) bersama Pionicon, Rekata Studio, dan Gaspack yang didukung oleh Sarinah dan BRImo. 

Foto (ki-ka): Pramudya Andika (Direktur Rekata Studio), Faza meonk (Kreator Juki NFT), Fetty Kwartati (Direktur Utama Sarina), Doni Ramadi (Executive Retail Payment Division BRI)

“ Jukiverse NFT Exhibition yang menampilkan perjalanan kreatif Si Juki ini juga menjadi cara untuk memperkuat kehadiran Si Juki secara global serta sarana edukasi bahwa NFT bukanlah soal cara yang cepat untuk mendapatkan keuntungan melainkan media untuk memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas,” ungkap Adi Ekatama, Direktur Rekata Studio.

Si Juki merupakan karakter komik yang dihadirkan Faza sejak tahun 2011 dan kini menjadi karakter komik yang populer di Indonesia.

Sebagai sebuah IP, Si Juki memiliki semesta IP yang cukup lengkap. Berawal dari komik online yang diposting di media sosial, Si Juki kemudian diterbitkan dalam berbagai bentuk media, terutama komik cetak, webtoon, mobile game, serial animasi dan film animasi. 

Saat ini, lebih dari 50 komik Si Juki yang sudah terbit dan menjadi buku bestseller yang tersebar di toko-toko buku di Indonesia.

Juki juga pernah berkolaborasi dengan karakter internasional, seperti Spongebob Squarepants (AS), Larva (Korea Selatan), dan BoboiBoy (Malaysia).

Melalui komik seri Si Juki Jalan-jalan Nusantara, Si Juki menjadi media untuk memperkenalkan destinasi pariwisata tanah air.

Film animasi layar lebar yang berjudul “Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir” yang dirilis tahun 2017 menjadi salah satu film animasi dengan jumlah penonton terbanyak.

Si Juki juga hadir dalam serial animasi yang berjudul “Si Juki Anak Kosan” yang tayang di salah satu OTT pada tahun 2020. Kini Si Juki pun memasuki ranah NFT dan Jukiverse NFT telah memiliki sebidang tanah metaverse di Decentraland.  

Jukiverse NFT Menjadi Perayaan 12 Tahun Berkarya

Jukiverse NFT Exhibition menjadi sebuah perayaan, apresiasi dan langkah awal bagi Si Juki yang sudah 12 tahun hadir berkarya dan mewarnai industri kreatif Indonesia.

Karya digital ini juga akan hadir dalam produk-produk inovatif lainnya seiring denganperkembangan teknologi NFT dan blockchain.

Jukiverse NFT juga berkolaborasi dengan 34 seniman NFT Indonesia ini kiranya juga menjadi perayaan, apresiasi dan langkah awal bersama seluruh kreator dan pelaku sektor kreatif Indonesia.

Proyek Jukiverse NFT sebelumnya meluncurkan koleksi ‘Si Juki Cosplay’ berjumlah 110 cosplay, lalu kolaborasi proyek NFT ‘Jukiverse X’ yang melibatkan 34 seniman NFT Indonesia antara lain WD Willy, Arya Mularama, Arief Witjaksana dan Darbotz, “ kata Faza Meonk, kreator Si Juki saat acara jumpa media di Sarinah, 02/06. 

Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah menuturkan bahwa pihaknya mendukung karya-karya anak bangsa sebagai komitmen Sarinah untuk menjadi rumah bagi kreator lokal.

Baca juga: Tahilalats Rilis Nft Mindblowon Universe

Diskon Tiket Pameran Jukiverse dari BRI

Handayani, Direktur Bisnis Konsumer BRI mengungkapkan kerjasama dengan Jukiverse ini merupakan bentuk support kepada masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan eksistensi Anak Bangsa melalui berbagai karya NFT dan Metaverse yang sedang diminati oleh berbagai kalangan baik dalam maupun luar negeri. 

“BRI bekerjasama dengan Jukiverse untuk memfasilitasi anak bangsa yang ingin terus berkarya salah satunya di bidang digital,” ungkap Handayani

BRImo juga memberikan program promo menarik untuk pembelian tiket pameran yakni promo diskon 15% dan diskon 50% untuk pembelian merchandise Si Juki menggunakan BRImo serta berbagai kejutan menarik di booth BRImo.

Tiket masuk Jukiverse NFT Exhibition dapat diperoleh di loket.com. Informasi lengkap Jukiverse NFT Exhibition dapat dicek di laman: http://jukiverse.com/exhibition

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency