Berita Industri · 6 min read

Joe Biden Minta Bantuan Industri Kripto untuk Bangun Kebijakan Baru

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, tampaknya telah merubah haluannya dari sikap kerasnya terhadap kripto, dan kini mulai menjangkau para pelaku industri untuk memahami lebih lanjut tentang sektor ini.

Menurut laporan The Block, kampanye Biden belakangan ini mencari panduan dari ahli kripto dan pemain industri di AS terkait komunitas kripto dan kebijakan di masa mendatang. Adapun upaya ini berlangsung sekitar dua minggu lalu.

Tawaran kampanye Biden disambut baik oleh banyak orang di sektor kripto. Namun, salah satu sumber mencatat bahwa beberapa pelaku industri tetap skeptis, melihat penjangkauan tersebut sebagai “terlalu sedikit dan terlalu terlambat.”

Keterlibatan baru Biden ini muncul tak lama setelah pendukung kripto menentang rencana pemerintahannya untuk memveto pencabutan aturan Staff Accounting Bulletin No. 121 (SAB 121), yang merupakan sebuah tindakan legislatif yang dikritik karena berpotensi menghalangi lembaga keuangan menawarkan layanan kustodian kripto.

Baca juga: CEO Cardano Kritik Keras Kebijakan Kripto Joe Biden

Peran Kripto dalam Politik AS

Kripto telah menjadi salah satu topik paling hangat dalam kampanye pemilihan umum AS saat ini. Upaya tim kampanye Biden untuk melibatkan pelaku industri kripto mengikuti langkah mantan presiden dan calon presiden AS, Donald Trump, yang telah lebih dulu merangkul kripto

Trump telah secara vokal menyatakan dirinya sebagai kandidat pro-kripto, terutama melalui donasi kampanye yang mulai menerima berbagai mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Dogecoin (DOGE), dan Shiba Inu (SHIB).

Sama halnya dengan Biden yang pernah merasa skeptis, Trump sebelumnya seringkali menunjukkan sikap keras terhadap mata uang kripto, terutama Bitcoin. Dalam wawancara dengan Fox Business tahun 2021, Trump menyatakan bahwa dolar harus menjadi mata uang utama dunia dan bahwa “kita tidak perlu memiliki semua Bitcoin di dunia ini.” Ia juga menekankan bahwa mata uang kripto harus diawasi dan diatur dengan ketat karena dianggap ‘berbahaya’.

Perubahan sikap kedua calon presiden AS tersebut tampaknya didorong oleh pengaruh tim kampanye mereka yang mengarahkan mereka ke pandangan yang lebih positif terhadap aset digital ini.

“Mereka memiliki orang-orang yang sangat cerdas dan cakap yang memberi nasihat tentang hal itu, dan industri telah melihat beberapa hasilnya dan akan melihat lebih banyak lagi dalam beberapa bulan mendatang,” kata seorang sumber, mengutip The Block.

Baca juga: Donald Trump Kaji Potensi Kripto untuk Atasi Masalah Utang AS

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.