Berita Bitcoin · 5 min read

Jelang ETF Bitcoin Spot, SEC Ingatkan Investor Tidak FOMO

BTC ETF SPOT SEC

Jelang persetujuan ETF Bitcoin spot pada 10 Januari 2023, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) memberikan imbauan kepada investor untuk tidak FOMO

Melalui postingan kantor edukasi SEC pada 6 Januari 2023, lembaga ini juga mengingatkan investor ritel tentang risiko yang terkait dengan aset digital, termasuk saham meme, mata uang kripto, dan token non fungible (NFT). Imbauan yang diberikan SEC ini memicu pun spekulasi bahwa Bitcoin ETF akan disetujui. 

Sementara itu, menyusul perkembangan Bitcoin ETF spot ini beberapa perusahaan telah secara aktif melakukan diskusi dan memenuhi syarat yang diminta SEC.

Beberapa perusahaan telah mengajukan dokumen 19b-4 yang diperbarui pada hari Jumat untuk usulan ETF spot bitcoin, termasuk Grayscale Investments, Valkyrie, Invesco, ARK, dan 21Shares. Pekan lalu, bursa Cboe BZX juga mengajukan formulir untuk VanEck, WisdomTree, Pando Asset AG, dan Franklin Templeton.

Baca juga: Daftar Aplikasi ETF Bitcoin Spot dan Perkembangannya

Fluktuasi Harga Jelang ETF Bitcoin Spot

Bitcoin di awal Januari ini mengalami fluktuasi cukup tinggi dan sebagian besar dipengaruhi oleh berita ETF Bitcoin spot. Bitcoin mencapai US$45.000 pada 2 Januari 2023, kemudian turun cepat ke level US$42.000 pada 3 Januari 2023 usai berita potensi penolakan ETF Bitcoin spot mencuat. Per 8 Januari 2023, harga BTC diperdagangkan di level US$43.000. 

Baca juga: Keputusan ETF Bitcoin Spot Makin Dekat, Momentum Sell The News Menguat

Di sisi lain, analis optimis bahwa aplikasi ETF Bitcoin dari berbagai perusahaan terkemuka akan mendapatkan lampu hijau dari SEC. Analis ETF Bitcoin Bloomberg, Eric Balchunas, dan James Seyffart, memperkirakan ada peluang 5% aplikasi akan ditolak. 

Jika terjadi penolakan, menurut Seyffart reaksi dari komunitas investasi, khususnya di kalangan investor muda, diperkirakan akan kuat, khususnya dari investor GenZ. Selain itu, tantangan hukum mungkin akan muncul lagi, serupa dengan keberhasilan gugatan Grayscale terhadap SEC. 

Anthony Pompliano, salah satu pendiri Pomp Investments, muncul di “Squawk Box” CNBC pada tanggal 5 Januari 2024, menyatakan persetujuan ETF Bitcoin spot yang disetujui AS sebagai peristiwa besar, dan mencatat kinerja Bitcoin yang mengesankan sebagai aset selama 15 tahun terakhir. 

Pompliano menyatakan keyakinannya terhadap pertumbuhan harga Bitcoin dalam jangka panjang, menghubungkannya dengan permintaan yang berkelanjutan dari ETF spot.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.