Berita Altcoins · 8 min read

Investor Melakukan Voting, Nasib LUNA Ditentukan Malam Ini!

Investor Melakukan Voting, Nasib LUNA Ditentukan Malam Ini!

Terra (LUNA) melalui CEO Do Kwon baru saja mengumumkan rencananya untuk melakukan pemulihan terhadap proyeknya. 

Di dunia crypto saat ada rencana baru umumnya akan terjadi proses governance atau pemungutan suara oleh komunitas dari proyek tersebut.

Tujuannya adalah agar terjadi sistem yang terdesentralisasi tanpa keputusan yang dikuasai pusat atau pemilik proyek serta dengan persetujuan investornya. 

LUNA juga akan melewati proses ini dan dikabarkan akan dimulai pada 18 Mei 2022 waktu Asia. 

Voting Komunitas LUNA Segera Selesai

Pada Senin 16 Mei 2022 Do Kwon menyatakan bahwa ia akan melakukan publikasi terkait rencana pemulihan LUNA, UST, dan Terra secara menyeluruh. 

Rencana tersebut telah dipublikasi dan saat ini akan melewati proses pemungutan suara tidak hanya oleh investor namun oleh seluruh komunitas pendukung LUNA. 

Jika mayoritas menyetujui nantinya pada 27 Mei 2022 akan ada peluncuran jaringan baru atau hard fork yang bernama Terra dengan koin LUNA. 

LUNA versi sebelumnya akan bernama LUNC atau Luna Classic dengan blockchain Terra berubah menjadi Terra Classic. 

Dikabarkan bahwa pemungutan suara penentuan fork ini akan dimulai dan selesai pada 18 Mei 2022 waktu asia. Waktu tersebut ditentukan dari perusahaan Terra dan Luna Foundation Guard yang berada di Singapura.

Jika ditolak kemungkinan besar hard fork ini tidak akan dilakukan dan LUNA akan memiliki masalah karena harus menemukan jalan lain yang kemungkinan besar akan butuh dana lebih besar. 

Saat ini LUNA masih kehabisan dana setelah insiden penyelamatan UST yang gagal, sehingga nampaknya solusi dengan dana besar akan menjadi masalah. 

Investor Melakukan Voting, Nasib LUNA Ditentukan Malam Ini!
Dana Cadangan Luna Foundation Guard

Persediaan dana Luna Foundation Guard atau komite keuangan dari Terra terlihat menurun signifikan dari sebelum insiden UST namun terlihat mulai naik. 

Saat ini persediaannya terlihat berada paling banyak dalam UST sekitar $198,54 Juta dengan dua persediaan lainnya berada di AVAX, BNB, BTC, dan LUNA. 

Mayoritas Komunitas Terlihat Menolak

Menuju pemungutan suara resmi dari Terra, terdapat satu anggota komunitas yang membuat pemungutan suara secara tidak resmi. 

Melihat pemungutan suara tersebut, saat ini nampaknya mayoritas komunitas terlihat menolak adanya rencana pemulihan ini. 

Investor Melakukan Voting, Nasib LUNA Ditentukan Malam Ini!
Voting Tidak Resmi

Terlihat bahwa dari 5.313 orang yang sudah memberikan suaranya, 92% terlihat menolak rencana pemulihan saat artikel ini ditulis. 

Perlu diketahui bahwa pemungutan suara di situs komunitas Terra ini terbuka untuk umum dimana yang mendukung LUNA tapi tidak memiliki LUNA dapat memberi suara. 

Individu yang memberikan suaranya dalam pemungutan suara ini juga memberikan beberapa komentarnya terkait rencana pembaruan ini. 

Terdapat satu opini yang tertulis “Kami tidak ingin fork. Melakukan burn dan membuat LUNA menjadi koin deflasi adalah jalan yang terbaik untuk seluruh komunitas LUNA.”

Komentar lain juga memberi pernyataan yang sama yaitu mendukung adanya mekanisme burn untuk LUNA. 

“Saya berharap ide fork ditinggal dan tidak dilakukan dan Terra memilih mengimplementasikan mekanisme burn. Akan lebih banyak orang yang senang. Ini akan mengembalikan LUNA ke posisi 10 besar kapitalisasi pasar kembali.” Ujar individu tersebut. 

Perlu diingat lagi bahwa pemungutan suara ini bukan pemungutan suara resmi tapi ini memberi pandangan mengenai investor dan komunitas LUNA saat ini terkait Hard Fork.

Investor Melakukan Voting, Nasib LUNA Ditentukan Malam Ini!
Kerangka Rencana LUNA

Untuk saat ini nampaknya komunitas dan investor lebih menginginkan adanya mekanisme burn namun belum ada proposal pengajuan fork resmi oleh Terra. 

Kabar terakhir yang ditunggu investor adalah selesainya pemungutan suara terkait fork dan harapan adanya mekanisme burn. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.