Investor Ethereum Perlu Waspadai Hal Ini Sebelum 2021 Berakhir!

Rossetti Syarief

22nd December, 2021

Jika aksi harga Ethereum direkap sejak awal Desember hingga pada saat penulisan, aset crypto nomor dua tersebut mencatat penurunan harga secara berkala. Tidak terlalu signifikan, memang, hanya turun 13,06% saja. 

Namun ketika mengawali minggu barunya pada pekan ketiga sebelum pergantian tahun, ETH justru melihat tanda konsolidasi pertama karena harga aset yang hampir tidak melakukan perubahan.

Bahkan setelah analis mengamati Ethereum selama 3 hari, netflow ETH memberikan gambaran yang lebih mengkhawatirkan bagi investor.

Ethereum Mencatat Outflow yang Tinggi

Ethereum mencatat outflow terbesarnya tahun ini dengan total $142 juta aset yang keluar dari bursa dan berpindah menuju wallet yang tidak terikat dengan bursa.

Menariknya, ini adalah pertama kalinya dalam 17 minggu terakhir netflow Ethereum justru condong ke arah negatif. 

Ditambah pada minggu ini, aset crypto nomor dua tersebut juga mencatat outflow yang relatif tinggi dengan total $63 juta aset yang keluar.

Namun sepanjang bulan ini, netflow telah berusaha keras untuk mempertahankan keseimbangan antara inflow dan outflow Ethereum agar outflow-nya berada pada level terendahnya di kisaran $3,6 juta.

Meski sempat berhasil, total outflow ETH di minggu ini menghancurkan semua kerja keras netflow yang sebelumnya.

Investor Ethereum Sebaiknya Tidak Terlalu Berharap

Tidak hanya ETH, hal serupa juga terjadi pada Bitcoin. Bitcoin bahkan mencatat $26 juta lebih banyak outflow daripada Ethereum. 

Meski begitu, aset crypto raksasa tersebut terselamatkan dengan kinerjanya yang baik selama minggu-minggu sebelumnya yang menjaga kerugian Bitcoin tetap pada batas minimum.

Sementara Ethereum tidak dapat berlindung dari kerugian, karena terdapat lebih dari 6 juta address yang merugi untuk pertama kalinya sejak Juli. Hal tersebut menafsirkan jika Ethereum tidak berkinerja baik pada minggu-minggu sebelumnya.

Meski begitu, volume ETH pada 14 Desember kemarin berhasil melampaui $10 miliar, yang tercatat sebagai volume tertingginya sejak Januari 2018. Namun sayang, ETH langsung alami penurunan 8,5% sehari setelahnya.

Ethereum whale movement

Apalagi menjelang akhir tahun begini, investor pasti mengharapkan harga Ethereum dan aset crypto lainnya untuk segera melakukan pemulihan.

Hingga pada saat penulisan, untuk mencapai rentan harga $5,000 saja terlihat tidak memungkinkan.

ETH masih memperlukan kenaikan 23,69% dalam 10 hari ke depan untuk mencapai target, dan itu adalah kenaikan yang relatif tinggi.

Aksi Harga Ethereum

Akan lebih baik jika Investor tidak terlalu berharap untuk harga Ethereum yang memukau menjelang akhir pergantian tahun ini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.