Institusi Masih Short Bitcoin! Hedging dengan Beli XRP dan SOL

Naufal Muhammad

20th July, 2022

Investor institusional terlihat masih menyimpan posisi short dengan membeli beberapa produk investasi berbasis Short Bitcoin. 

Walau pasar bergerak positif saat ini, para investor tersebut masih belum menutup posisinya untuk memotong kerugian atau mengambil keuntungan. 

Kondisi ini menandakan bahwa investor institusional masih memiliki pandangan bahwa Bitcoin akan bergerak turun. 

Tapi investor institusional masih melakukan hedging atau menjaga posisi short tersebut dengan membeli beberapa aset crypto tepatnya Solana (SOL) dan Ripple (XRP). 

Investor Institusional Masih Short Bitcoin

Investor institusional terlihat masih terus memiliki pandangan negatif terhadap Bitcoin yang terlihat dari banyaknya produk investasi yang dibeli. 

Terlihat bahwa dalam satu pekan terakhir investor institusional masih terus menyimpan dan membeli produk investasi berbasis Bitcoin Short. 

Artinya dengan membeli produk investasi ini, semakin harga Bitcoin turun, maka semakin untung investor tersebut. 

Walau pada awal pekan mayoritas crypto termasuk Bitcoin bergerak naik, investor institusional masih belum menjual produk investasi berbasis Bitcoin Short yang dimiliki. 

Narasi ini terlihat dari laporan yang dibuat oleh CoinShares dimana angka dana produk investasi berbasis Short Bitcoin justru mengalami peningkatan sebesar $15 Juta hanya dalam satu pekan. 

Bersama dengan kondisi ini, produk investasi berbasis Spot dan Long Bitcoin mengalami outflow atau penjualan sebesar $2,6 Juta hanya dalam satu pekan. 

Angka ini menandakan jumlah dana investor institusional yang masuk ke produk investasi berbasis Short Bitcoin sebesar $88 Juta dalam satu bulan terakhir. 

CoinShares juga menyatakan bahwa produk investasi berbasis Bitcoin Short adalah 61% dari seluruh dana yang masuk pada pekan lalu. 

Institusi Masih Short Bitcoin! Hedging dengan Beli XRP dan SOL
Data Dana Keluar dari Produk Investasi Crypto dari CoinShares

Secara keseluruhan, sayangnya rasio antara dana yang masuk ke produk investasi berbasis crypto dan yang keluar masih diungguli oleh dana yang keluar yaitu sebesar $101,5 Juta pada satu pekan terakhir. 

Hedging dengan SOL dan XRP

Dana $101,5 Juta tersebut tersebar pada beberapa produk investasi di beberapa manajer investasi. 

Data tersebut diperlihatkan oleh CoinShares yang telah mengumpulkan data dari beberapa manajer investasi.

Institusi Masih Short Bitcoin! Hedging dengan Beli XRP dan SOL
Data Dana Keluar dari Manajer Investasi Crypto dari CoinShares

Terlihat bahwa dana yang keluar dari manajer investasi terlihat besar pada manajer investasi CoinShares XBT dan CoinShares Physical. 

Selain itu Purpose yang memiliki ETF Bitcoin juga mengalami dana pengeluaran signifikan yaitu sebesar $43,4 Juta. 3iQ juga mengalami outflow atau dana yang keluar signifikan bahkan jauh lebih besar dibandingkan manajer investasi lainnya yaitu sebesar $72,1 Juta. 

Terakhir adalah ETC Group dan beberapa manajer investasi lain yang mengalami outflow dalam angka yang relatif kecil. 

Dana terbesar yang keluar terlihat dari produk investasi berbasis Bitcoin, Ethereum, dan satu produk reksadana berbasis beberapa crypto. 

XRP dan SOL masih mengalami inflow atau pembelian yang kemungkinan juga didukung oleh investor institusional. 

Menurut CoinShares mayoritas investor institusional melakukan pembelian produk investasi signifikan terhadap produk berbasis SOL dan XRP. 

Tujuan pembelian tersebut adalah untuk menjaga posisi yang masih dibuka pada produk investasi berbasis Bitcoin Short. 

Baca juga: Volume Transaksi Binance Chain Ambles, Gimana Nasib BNB?

Kemungkinan besar pembelian produk investasi berbasis SOL dilakukan akibat kepercayaan investor institusional terhadap Solana yang hingga saat ini masih memiliki volume transaksi jaringan yang tinggi dan inovasi produk yaitu smartphone Android bernama Saga

Untuk XRP saat ini investor terlihat percaya akibat akan berakhirnya sidang dengan SEC yang terlihat positif untuk saat ini serta bisnisnya Ripple yang masih terus berkembang. 

Tapi kesimpulannya, investor institusional terlihat masih percaya bahwa Bitcoin akan turun namun menjaga posisi ini dengan membeli produk investasi berbasis Altcoins lebih tepatnya XRP dan SOL. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.