Berita NFT · 7 min read

Instagram Resmi Luncurkan Fitur NFT di Indonesia!

instagram resmi luncurkan fitur nft di Indonesia

Fitur NFT di instagram sudah melakukan uji coba sejak Mei 2022 di Amerika Serikat, sekarang fitur ini sudah tersedia di lebih dari 100 negara di Afrika, Asia-Pasifik, Timur Tengah, termasuk di Indonesia.

Dengan fitur ini instagram memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan dompet digital, berbagi NFT, dan secara otomatis menandai pembuat dan kolektor untuk atribusi. 

NFT dapat dibagikan di instagram feed, story, bahkan pesan. Setelah terposting koleksi digital, maka akan memiliki tampilan efek berkilau dan dapat menampilkan informasi publik, seperti deskripsi NFT. 

Untuk mendukung jalannya fitur ini, Meta bekerja sama dengan Coinbase dan Dapper untuk menyediakan wallet untuk menyimpan NFT. Instagram juga memperluas jaringan dengan memasukan blockchain Flow ke dalam fitur ini.

Baca juga : 4 Jenis Blockchain yang Perlu Kamu Ketahui!

Ghozali Langsung Coba Fitur NFT Instagram

Fitur terbaru ini dicoba langsung oleh Ghozali, seorang pemuda Indonesia yang menghasilkan miliaran rupiah dari NFT. Ghozali membagikan ceritanya pertama kali mempublikasikan NFT di Instagram. 

Cara Pakai Fitur NFT di Instagram

Untuk mempublikasikan NFT di instagram pengguna perlu menghubungkan dompet digital ke Instagram. Instagram mendukung koneksi dengan Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Dapper Wallet. Selain itu juga didukung oleh Ethereum, Polygon, dan Flow. Tidak ada biaya terkait dengan posting atau berbagi ke pengguna lainnya.

Fitur NFT di Media Sosial

Perluasan fitur NFT Instagram juga terdapat di Twitter. Koleksi NFT bisa menjadi foto profil untuk penggunaannya di Twitter. Bukan hanya Instagram dan Twitter yang menjadi perusahan raksasa digital yang merangkul NFT, bahkan CEO Youtube Susan Wojcicki juga berharap bahwa platformnya dapat merangkul teknologi web3, termasuk NFT, sebagai sarana untuk membantu kreator menghasilkan uang. 

Selain itu, Reddit baru-baru ini juga meluncurkan avatar berbasis NFT yang memungkikan penggunanya untuk membeli gambar profil berbasis blockchain dengan tarif tetap. 

Rencana NFT dari Meta Selanjutnya

Awal tahun 2022, Mark mengatakan Meta akan mengerjakan Augmented Reality (AR) NFT, yang dapat dipakai di instagram story bagi penggunanya. Dengan hal tersebut, perusahaan beragumentasi bahwa memungkikan orang untuk memamerkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di instagram story.

Meta menegaskan ekspansi hari ini mencerminkan pekerjaannya untuk memperluas akses ke teknologi web3 melalui NFT, dan mendukung kreator yang ingin memonetisasi karya mereka dan membangun komunitas dengan penggemar bahkan kolektor. 

Kami memahami bahwa teknologi blockchain dan NFT menimbulkan pertanyaan penting tentang keberlanjutan. Meta akan membantu mengurangi dampak emisi yang mungkin terkait dengan tampilan koleksi digital di Instagram dengan membeli energi terbarukan,” kata Meta selama peluncuran uji NFT awal pada bulan Mei.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.