Instagram Resmi Luncurkan Fitur NFT di Indonesia!

Nabiila Putri Caesari

5th August, 2022

Fitur NFT di instagram sudah melakukan uji coba sejak Mei 2022 di Amerika Serikat, sekarang fitur ini sudah tersedia di lebih dari 100 negara di Afrika, Asia-Pasifik, Timur Tengah, termasuk di Indonesia.

Dengan fitur ini instagram memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan dompet digital, berbagi NFT, dan secara otomatis menandai pembuat dan kolektor untuk atribusi. 

NFT dapat dibagikan di instagram feed, story, bahkan pesan. Setelah terposting koleksi digital, maka akan memiliki tampilan efek berkilau dan dapat menampilkan informasi publik, seperti deskripsi NFT. 

Untuk mendukung jalannya fitur ini, Meta bekerja sama dengan Coinbase dan Dapper untuk menyediakan wallet untuk menyimpan NFT. Instagram juga memperluas jaringan dengan memasukan blockchain Flow ke dalam fitur ini.

Baca juga : 4 Jenis Blockchain yang Perlu Kamu Ketahui!

Ghozali Langsung Coba Fitur NFT Instagram

Fitur terbaru ini dicoba langsung oleh Ghozali, seorang pemuda Indonesia yang menghasilkan miliaran rupiah dari NFT. Ghozali membagikan ceritanya pertama kali mempublikasikan NFT di Instagram. 

Cara Pakai Fitur NFT di Instagram

Untuk mempublikasikan NFT di instagram pengguna perlu menghubungkan dompet digital ke Instagram. Instagram mendukung koneksi dengan Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Dapper Wallet. Selain itu juga didukung oleh Ethereum, Polygon, dan Flow. Tidak ada biaya terkait dengan posting atau berbagi ke pengguna lainnya.

Fitur NFT di Media Sosial

Perluasan fitur NFT Instagram juga terdapat di Twitter. Koleksi NFT bisa menjadi foto profil untuk penggunaannya di Twitter. Bukan hanya Instagram dan Twitter yang menjadi perusahan raksasa digital yang merangkul NFT, bahkan CEO Youtube Susan Wojcicki juga berharap bahwa platformnya dapat merangkul teknologi web3, termasuk NFT, sebagai sarana untuk membantu kreator menghasilkan uang. 

Selain itu, Reddit baru-baru ini juga meluncurkan avatar berbasis NFT yang memungkikan penggunanya untuk membeli gambar profil berbasis blockchain dengan tarif tetap. 

Rencana NFT dari Meta Selanjutnya

Awal tahun 2022, Mark mengatakan Meta akan mengerjakan Augmented Reality (AR) NFT, yang dapat dipakai di instagram story bagi penggunanya. Dengan hal tersebut, perusahaan beragumentasi bahwa memungkikan orang untuk memamerkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di instagram story.

Meta menegaskan ekspansi hari ini mencerminkan pekerjaannya untuk memperluas akses ke teknologi web3 melalui NFT, dan mendukung kreator yang ingin memonetisasi karya mereka dan membangun komunitas dengan penggemar bahkan kolektor. 

Kami memahami bahwa teknologi blockchain dan NFT menimbulkan pertanyaan penting tentang keberlanjutan. Meta akan membantu mengurangi dampak emisi yang mungkin terkait dengan tampilan koleksi digital di Instagram dengan membeli energi terbarukan,” kata Meta selama peluncuran uji NFT awal pada bulan Mei.

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.