Berita Bitcoin · 5 min read

Inflow ETF Bitcoin Spot FBTC dan IBIT Lampaui Outflow GBTC

etf bitcoin spot

Sejak diperdagangkan pada 11 Januari 2024 waktu Amerika Serikat, arus masuk dan keluar ETF Bitcoin spot telah menarik perhatian investor karena memiliki implikasi pada pasar. Bagaimana perkembangan arus masuk dan keluar pada aset investasi ini? Simak rinciannya berikut ini.


Arus masuk (inflow) harian untuk FBTC Fidelity dan IBIT BlackRock melebihi arus keluar (outflow) GBTC sebesar US$191 juta pada hari Senin (29/1). Hal ini terjadi untuk pertama kalinya sejak 11 Januari. FBTC mencatat arus masuk sebesar US$208,2 juta dan IBIT US$198,4 juta.

Lebih lanjut, iShares Bitcoin Trust (IBIT) dari BlackRock dan FBTC dari Fidelity memiliki pangsa volume terbesar di belakang GBTC, dengan masing-masing mencatat volume harian sebesar US$460,9 juta dan US$315,4 juta.

Sementara itu, saat ini telah ada 150.000 Bitcoin senilai US$6,5 miliar yang dikelola sembilan perusahaan yang memperdagangkan ETF Bitcoin spot, yakni BlackRock (IBIT), Fidelity (FBTC), Bitwise (BITB), Ark 21Shares (ARKB), Invesco (BTCO), VanEck (HODL), Valkyrie (BRRR), Franklin Templeton (EZBC), dan WisdomTree (BTCW).

Jumlah BTC dipegang oleh sembilan ETF baru. Gambar: K33 Research.

Baca juga: Hong Kong Jadi Negara Asia Pertama yang Terima Pengajuan ETF Bitcoin Spot

Arus Keluar GBTC Melambat

Arus keluar dana GBTC Grayscale telah melambat dan mencapai nilai terendah sejak ETF ini diperdagangkan senilai US$192 juta.

Arus keluar GBTC terbaru mengalami penurunan hingga hampir 25% dari sebelumnya, yaitu US$255 juta pada tanggal 26 Januari, dan bahkan mengalami penurunan hingga 70% dari puncak arus keluar harian sebesar US$641 juta pada tanggal 22 Januari.

Hal ini juga menjadi hari dengan arus keluar terendah kedua bagi dana Grayscale, hanya di atas angka US$95 juta yang terjadi pada tanggal 11 Januari ketika dana tersebut diubah menjadi spot Bitcoin.

Menurut analis dari JPMorgan, pada tanggal 25 Januari, arus keluar GBTC telah memberikan tekanan pada penurunan harga Bitcoin, meskipun mereka meyakini bahwa penurunan tersebut telah berakhir.

Baca juga: Iklan ETF Bitcoin Spot Resmi Tayang di Google

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.