Berita Bitcoin · 5 min read

Inflasi AS Turun, Bitcoin Menguat ke $22 Ribu!

Harga Bitcoin menguat

Tingkat inflasi AS mengalami penurunan sebesar 0,1% dari 6,5% ke 6,4% berdasarkan laporan CPI AS kemarin, 14 Februari 2023 pukul 20.30 WIB.

Angka penurunan tersebut tidak sesuai ekspektasi yakni di angka 6,2%. Sementara itu, setelah tingkat inflasi baru diumumkan, harga Bitcoin menunjukan kenaikan ke harga US$22.330.

Bitcoin dan Kripto Naik

Bitcoin sempat mengalami penurunan pra laporan CPI ke harga US$21.570 dan menguat +3,5% ke harga US$22.330 pasca laporan dikeluarkan.

Gambar: Grafik harga Bitcoin

Tampak harga Bitcoin tertahan pada area US$22.300. Per 15 Februari 2023 pukul 10.00 WIB, Bitcoin diperdagangkan pada harga US$22.110.

Pasar kripto juga mengalami kenaikan, terlihat dari kapitalisasi pasar yang meningkat US$23 miliar ke US$978 miliar.

Baca juga: Tertinggi Sejak Agustus 2022, Harga Bitcoin $23.000!

Total Rp1,2 Triliun Terlikuidasi

Volatilitas yang terjadi selama laporan CPI menyumbang jumlah likuidasi. Total terlikuidasi selama 24 jam terakhir mencapai US$79,6 juta atau sekitar Rp1,2 triliun.

Gambar: Total terlikuidasi selama 24 jam terakhir
Gambar: Total terlikuidasi selama 24 jam terakhir

Posisi SHORT mendominasi jumlah likuidasi yakni 69,65% dari total posisi. Posisi ETH menjadi posisi dengan total likuidasi terbanyak yakni US$25,77 juta, di tempat kedua yakni BTC sebesar US$23,6 juta, dan ketiga FTM sebesar US$2,79 juta.

Inflasi Turun, Suku Bunga Tetap Akan Naik

Walaupun inflasi bergerak turun, peluang suku bunga akan naik tetap tinggi pada pertemuan FOMC selanjutnya, 22 Maret 2023.

Kemungkinan besar The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 bps, terlihat dari data CME Watch Tools yang menunjukan peluang 87,8%.

Gambar: Data peluang kenaikan suku bunga
Gambar: Data peluang kenaikan suku bunga

Akan tetapi, terdapat peluang 12,2% bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 bps yang akan menjadi kejutan bagi pelaku pasar jika terjadi.

Baca juga: Suku Bunga Naik 0,25%, Bitcoin Tembus US$24.000!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.