Berita Industri · 6 min read

Indonesia Peringkat Dua Dunia dalam Minat RWA Kripto!

Indonesia RWA

Amerika Serikat, Indonesia, dan Turki muncul sebagai pemimpin global dalam hal minat terhadap Real World Assets (RWA) di industri kripto menurut data dari Coingecko.

Berdasarkan data terbaru dari CoinGecko, ketiga negara ini menyumbang sekitar 33% dari total perhatian global terhadap RWA kripto.

Gambar: Daftar negara dengan minat RWA tertinggi. Sumber: CoinGecko.

Amerika Serikat memimpin dengan pangsa 14,8%. Protokol RWA yang paling populer di kalangan investor kripto AS selama periode ini adalah Ondo Finance (ONDO), yang mencakup hampir setengah dari minat negara tersebut terhadap kripto RWA.

AS juga telah memimpin minat terhadap sebagian besar protokol RWA, misalnya mewakili hampir sepertiga perhatian global pada Goldfinch (GFI) dan Maple (MPL) sepanjang tahun ini.

Baca juga: Mengenal Real World Assets (RWA), Tokenisasi Aset Nyata Dalam 5 Menit

Indonesia Berada Diurutan Kedua

Sementara itu, Indonesia berada di urutan kedua dengan 10,1%. Minat terhadap RWA kripto di Indonesia terus berkembang, terutama di kalangan investor ritel yang mencari diversifikasi aset. Selain itu, dengan jumlah investor kripto yang telah mencapai lebih dari 20 juta, Indonesia semakin menonjol sebagai pasar yang matang untuk adopsi inovasi blockchain.

Baca juga: Jumlah Investor Kripto di Indonesia Lampaui Investor Pasar Modal, Ini Tanggapan OJK!

Tidak hanya Indonesia, kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan menunjukkan minat signifikan terhadap RWA crypto. Negara-negara seperti Vietnam, Filipina, dan Singapura masing-masing mencatatkan pangsa minat global sebesar 2,9%, 2,2%, dan 1,2%.

Penetrasi teknologi yang cepat dan ekosistem startup yang berkembang di wilayah ini membuat Asia Tenggara menjadi pasar yang sangat menjanjikan untuk inovasi kripto dan blockchain.

Di luar Asia Tenggara, negara-negara lain seperti India dan Brasil juga memainkan peran penting dalam adopsi RWA kripto. India, dengan pangsa 6,3%, adalah satu-satunya negara Asia Selatan yang masuk dalam 20 besar negara dengan minat terbesar terhadap RWA.

Brasil memimpin di Amerika Selatan dengan 3,3% perhatian global, menunjukkan dominasi pasar kripto di Amerika Latin. Di benua Eropa, Inggris dan Prancis memimpin dengan masing-masing 5,6% dan 3,9% dari total minat global terhadap RWA.

Semakin berkembangnya narasi RWA dan potensi return yang tinggi—rata-rata mencapai 285% pada kuartal pertama 2024 menurut CoinGecko—minat terhadap sektor ini diperkirakan akan terus tumbuh.

Baca juga: Menjelajahi Peran Ripple dalam Tokenisasi Real World Asset (RWA)

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.