Hydra Bakal Bawa Cardano Naik Dua Kali Lipat?

Rossetti Syarief

17th December, 2021

Belakangan ini, protokol Cardano tak berhenti mendapat kabar miring. Mulai dari salah satu exchange terbesar dunia yang tidak lagi memperdagangkan ADA, hingga tren turun pada jaringan yang disebut akan berlanjut.

Namun, berita baik kemudian telah datang dari pengembangan Cardano itu sendiri. Charles Hoskinson, selaku pendiri sekaligus pengembang Cardano menyatakan bahwa solusi penskalaan layer-2 jaringan yang disebut Hydra, telah meluncurkan pra-rilis keduanya.

Investor merespon pernyataan tersebut secara positif dengan Cardano yang mencatat kenaikan 5,54% dan diperdagangkan $1,31 setelahnya. 

Alasan Hydra Dapat Memicu Kenaikan Cardano

Pernyataan tersebut menjadi pemicu lonjakan harga Cardano karena solusi Layer-2 seperti Hydra sangat diperhatikan investor.

Hydra akan memberi skalabilitas yang dibutuhkan jaringan, untuk mempertahankan throughput yang tinggi pada aplikasi di blockchainnya.

Hydra pada Cardano juga akan mengatur tarif biaya dalam jaringan, yang akan memberikan struktur biaya yang dapat diterima pengguna. Tentu, investor akan mendukungkunya.

Sementara itu, sejak 16 November lalu, ADA menembus harga di bawah rata-rata pergerakan 200 hari, yang bertindak sebagai key resistance level selama beberapa bulan terakhir. 

Namun pergerakan harga tersebut masih berada di bawah rata-rata pergerakan 50 hari, yang merupakan tolak ukur dari overselling.

MA 200 vs. MA 50 Cardano


Sisi positifnya, aktivitas dalam blockchain Cardano meningkat pesat pada bulan tersebut, dengan daily active addresses yang meningkat empat kali lipat menjadi 216 ribu.

Transaksi bulanan juga menyentuh level tertingginya sepanjang masa dengan peningkatan sebesar 75,8% menjadikannya 4,62 juta.

Jumlah Transaksi ADA

Cardano Mencapai $3

Dengan memulihnya Harga Cardano dari zona $1,22, Relative Strength Index jaringan akhirnya memisahkan diri dari downtrend triple bottom.

Pergerakan Harga Cardano

Resistance utama untuk Cardano yang berikutnya berada di level $1,37 yang akan memperkuat pemulihan harga.

Jika Cardano dapat menembus resistance tersebut, harganya kemungkinan besar dapat merebut kembali level di atas $2.

Dengan peluncuran pra-rilis kedua Hydra dan segala skenario di atas, Cardano diharapkan naik 2x lipat dari harganya saat ini menjadi $3.  

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.