Berita Altcoins · 8 min read

Cardano Hancur Karena eToro? Begini Kronologinya

Cardano alami penurunan harga secara beransur selama lebih dari tiga bulan terakhir. Pengumuman eToro, salah satu bursa terbesar di dunia, yang akan menghapus Cardano dan Tron di Amerika Serikat merupakan penyebab yang utama.

Mulai 26 Desember mendatang, pengguna dan menikmat aset crypto di Amerika Serikat tidak lagi bisa membeli koin ADA maupun TRX yang baru. Dilanjuti pada 31 Desember, staking untuk aset tidak lagi tersedia. 

Dampak dari pengumuman tersebut, Cardano pun anjlok lebih dari 9% ke level terendahnya dengan harga $1,60.

Penurunan harga yang cekung ini terjadi sejak Selasa kamarin. Dalam pernyataanya, eToro juga mengungkap akan melarang pengguna membeli mata uang crypto atau mendapatkan hadiah darinya.

Namun eToro menegaskan, bahwa pengguna masih dapat menjual token apa pun yang sudah mereka miliki.

Baca juga: Platform DEX Cardano Dinilai Mengecewakan, Bagaimana Harga ADA?

Kronologi Dibalik Keputusan eToro dan Komentar Sang CEO

Menurut eToro, keputusan tersebut semata-mata karena alasan yang berhubungan dengan bisnis dan kebaikan ekosistem.

Khususnya, regulator di Inggris dan Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir lebih tefokus pada bursa sebagai bagian dari pengaturan sektor crypto.

Untuk kenyamanan ADA dan TRX hodler, eToro menyatakan bahwa pengguna di Amerika Serikat tetap bisa menjual aset mereka dengan imbalan dolar kapan saja.

Dihari yang sama, tepatnya pada 24 November 2021, pendiri Cardano Charles Hoskinson secara langsung mengecam keputusan tersebut.

Hoskinson mengirimkan sebuah video dalam cuitan di Twitter pribadinya dan mengutarakan tanggapannya disana.

Menurut Hoskinson, eToro tidak seharusnya menyalahkan “global regulatory standard” yang masih kurang. Karena hal itu telah ditetapkan dari awal dan tidak ada masalah sebelumnya.

Sang CEO juga mencoba meredakan kekhawatiran komunitas terkait harga ADA yang sedang alami penurunan. 

Karena faktanya, ADA tidak sendirian. TRX juga turun 6%, sementara SOL, DOT, dan DOGE masing-masing alami penurunan 8%, 6% dan 5%.

Baca juga: Protokol DeFi berbasis Cardano Meld Kumpulkan $100 Juta Token dalam 3 hari

Pada saat penulisan, Cardano alami sedikit peningkatan harga dan diperdagangkan $1,69.

Sementara itu, eTore juga mengumumkan rencana perusahaan untuk membuat crypto wallet versi eToro Money, yang diluncurkan pada tahun 2022.

Crypto wallet ini nantinya akan dirancang kompatibel dengan aset, agar pengguna dapat memindahkan kepemilikan mereka di sana secara mudah dan nyaman.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.