Hedge Fund George Soros Dukung Kripto! Buat Prediksi Masa Depan Ethereum

Naufal Muhammad

2nd June, 2022

Hedge Fund yang didirikan oleh George Soros, bernama Soros Fund Management dikabarkan terlihat positif mendukung pertumbuhan kripto walau sedang bear market. 

Dukungan ini disampaikan oleh CEO Soros Fund Management, Dawn Fitzpatrick pada sebuah interview dengan Bloomberg. 

Hedge Fund George Soros Dukung Kripto

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg CEO atau Chief Executive Officer dan CIO atau Chief Investment Officer dari Soros Fund Management, Dawn Fitzpatrick, memberi pernyataan menarik terkait kripto. 

Hedge Fund George Soros Dukung Kripto! Buat Prediksi Masa Depan Ethereum
CEO dan CIO Soros Fund Management

Ia menyatakan bahwa kripto adalah sebuah fenomena yang sudah bertahan dan akan bertahan lebih lama lagi. Ia menyatakan, 

“Saya percaya kripto sudah diadopsi oleh mayoritas masyarakat yang awam dengan investasi, saya percaya kripto akan bertahan.”

Ia melengkapi pernyataan ini dengan menekankan bahwa walau saat ini terjadi krisis global finansial yang sangat besar, ke depannya kripto tidak akan hilang begitu saja. 

Pernyataan ini dilontarkan saat membahas pertumbuhan kripto yang terjadi sangat pesat saat ini. 

Dalam pembahasan tersebut, ia menyatakan bahwa adopsi kripto akan semakin besar terutama akibat adopsi dari Fidelity, salah satu perusahaan keuangan terbesar di dunia. 

Dikabarkan bahwa saat ini Fidelity telah membuka akses untuk Bitcoin menjadi bagian dari 401k atau rencana investasi dana pensiun. 

Selain itu adopsi yang meningkat juga terlihat dari JP Morgan, salah satu bank terbesar di dunia, yang memilih Bitcoin lebih dari properti. 

Pernyataan dari Soros Fund Management ini dianggap besar akibat sejarah nama Soros yang pernah mengguncang dunia. 

Pendirinya, George Soros, adalah salah satu orang terkaya di dunia dan seorang individu yang terkenal menghancurkan mata uang Inggris dalam sehari. 

Selain itu ia juga dirumorkan menjadi salah satu penyebab mengapa mata uang di beberapa negara Benua Asia mengalami kehancuran di sekitar 1990 hingga 1998. 

Ia dikenal memiliki pengaruh yang besar di dunia keuangan, jadi melihat hedge fundnya mulai masuk ke kripto, banyak yang berharap ada dampak besar. 

Tapi sayangnya pernyataannya ini tidak sepenuhnya benar, karena saat ini dana yang dikelola perusahaan tersebut hanya berada di $6,5 Miliar dibandingkan aset George Soros yang berada di angka $8 Miliar. 

Dibandingkan dengan hedge fund terbesar di dunia yaitu Blackrock yang mengelola sekitar $10 Triliun, maka Hedge Fund George Soros masih sangat jauh. 

Kabar baiknya, Blackrock juga sudah mulai masuk investasi di dunia kripto, sehingga saat ini pasar crypto melihat banyak investor besar yang masuk ke dalamnya. 

Soros Fund Management hanya sebagai penambah dari banyaknya perusahaan keuangan besar yang masuk dan mendukung dunia kripto. 

Ethereum Diprediksi Kalahkan Bitcoin

Selain menyatakan dukungannya terhadap pasar kripto, Fitzpatrick juga menyatakan bahwa ketenaran yang berada di pasar kripto akan membawa Ethereum (ETH) melewati Bitcoin (BTC). 

Ia mengacu pada kondisi Flippening dimana kapitalisasi pasar Ethereum melewati Bitcoin yang berarti jumlah dana yang beredar di Bitcoin lebih kecil dibanding Ethereum. 

Alasan dibalik kemungkinan ini adalah permasalahan kerusakan lingkungan yang dibahas di sekitar kripto. 

Melihat Ethereum lebih ramah lingkungan, Fitzpatrick membuat asumsi bahwa ke depannya ETH akan lebih unggul dibandingkan BTC. 

Ethereum dianggap lebih ramah lingkungan karena saat ini memiliki biaya transaksi dan kebutuhan energi yang lebih kecil. 

Ke depannya kondisi ini akan terus bertambah karena Ethereum akan mengubah mekanisme blockchainnya dari Proof of Work yang sama seperti Bitcoin, menjadi Proof of Stake, yang lebih ramah lingkungan. 

Kejadian tersebut akan dinamakan The Merge yang diprediksi akan terjadi pada Akhir 2022 oleh para analis kripto. 

Vitalik Buterin, pendiri dari Ethereum juga percaya ada kemungkinan peluncuran dapat ditunda hingga Bulan Oktober 2022. Tapi untuk saat ini developer Ethereum masih percaya bahwa peluncuran The Merge akan terjadi pada Agustus 2022. 

Saat ini perkembangan perubahan tersebut masih berada pada fase uji coba dimana terjadi uji coba pertama ini dilaksanakan pada Rospten Testnet hari ini. 

Jadi bisa dilihat bahwa terkait pembaruan dan keramahan lingkungan, Ethereum masih unggul yang menjadi alasan mengapa Soros Fund Management mendukungnya. 

Tapi perlu diketahui bahwa mereka tetap mendukung Bitcoin karena aset tersebut adalah bagian dari portofolionya. 

Untuk saat ini yang terlihat mempublikasi portofolionya hanya Soros Fund Management, George Soros sendiri belum menyatakan transaksinya terkait kripto.

George Soros adalah investor yang memiliki gaya tradisional, sehingga jika membeli kripto kemungkinan ia tidak akan membuat hal besar terhadapnya.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.