Berita Bitcoin · 5 min read

Harga Tertinggi Bitcoin Terbaru US$72 Ribu, Market Cap Salip Perak!

BITCOIN BULL RUN

Harga Bitcoin berada dalam tren positif dengan meraih harga tertinggi sepanjang masa terbaru di angka US$72.000 atau setara dengan Rp1,11 miliar (11/3).

Rekor terbaru pecah kurang dari seminggu ketika Bitcoin capai harga tertinggi di US$69.200 (5/3), kemudian setelah itu alami koreksi ke level US$66.000 dan terus berflukuasi hingga menyentuh angka US$70.000-US$72.000 hari ini.

Lampaui Kapitalisasi Pasar Perak

Kenaikan harga Bitcoin ini membuat kapitalisasi pasarnya menyentuh US$1,4 triliun, berhasil menjadi aset paling bernilai nomor delapan, melampaui perak yang memiliki kapitalisasi pasar US$1,3 triliun, yang kini ada di posisi sembilan.

10 Aset Keuangan Terbesar Teratas. Sumber: CompaniesMarketCap

Setahun yang lalu, pada bulan Maret 2023, Bitcoin mengalami penurunan yang signifikan, turun kembali ke US$20.000 setelah upaya yang gagal untuk menembus angka US$30.000.

Bulan-bulan berikutnya Bitcoin mendapatkan kembali momentumnya, kebangkitannya sebagian besar disebabkan oleh institusi keuangan seperti BlackRock, Fidelity, Ark Investment, dan lain sebagainya yang mengajukan aplikasi ETF Bitcoin spot. Pengajuan itu akhirnya disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada Januari 2024. 

Sejak diluncurkan, ETF telah mengumpulkan 4,06% dari pasokan Bitcoin saat ini, melampaui total kepemilikan on-chain sebesar US$57,7 miliar, menurut data dari Dune. Pada tingkat ini, ETF diproyeksikan menyerap 8,65% pasokan BTC setiap tahun.

Data nilai ETF Bitcoin spot. Sumber: Dune.

Melansir dari Cointelegraph, manajer aset digital Bitwise mengharapkan lebih banyak institusi, yang mewakili “aset triliunan dolar,” bersiap untuk membeli ETF Bitcoin spot pada akhir Juni, menurut laporan investasi 9 Maret yang dikirimkan kepada investor.

Baca juga: Volume ETF Bitcoin Spot Tembus Rekor US$10 Miliar

Analis Optimis Bitcoin ke US$100.000

Sementara itu, analis seperti PlanB dan Willy Woo telah menawarkan prediksi bullish untuk masa depan Bitcoin.

PlanB, yang dikenal karena menerapkan model stock-to-flow pada Bitcoin, mengantisipasi kenaikan nyata yang akan dimulai pasca halving mendatang, dengan target harga potensial berkisar dari US$100.000 hingga US$1 juta. Willy Woo menggemakan sentimen ini, menyatakan bahwa reli baru-baru ini dari sekitar US$16,000 pada November 2022 hanyalah pendahuluan dari pasar bullish yang lebih substansial.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.