Berita Altcoins · 5 min read

Harga SUI Turun Pasca Listing, Peserta Presale Justru Cuan Banyak!

sui

Mainnet Sui resmi ditayangkan pada hari Rabu (3/5) tanpa hambatan, dalam waktu singkat koin ini telah memasuki posisi top 100 berdasarkan kapitalisasi pasar kripto.

Koin SUI juga sudah diperdagangkan di pertukaran kripto seperti Binance, OKX, KuCoin, dan Bybit. Sejak diluncurkan kemarin, harga koin SUI tercatat mengalami penurunan -68% dari US$4,52 ke US$1,41 berdasarkan data Coinmarketcap.

Sementara itu, para peserta mengikuti allowlist memperoleh koin SUI dengan harga dasar mendapatkan keuntungan 47 kali lipat, dan peserta public sale memperoleh keuntungan 14 kali lipat berdasarkan harga saat ini.

Per 4 Mei 2023 pukul 13.30 WIB, SUI diperdagangkan pada harga US$1,41.

Harga SUI Turun Pasca Listing

Berdasarkan data pada Coinmarketcap, harga SUI mengalami penurunan -68% dari harga tertingginya pasca listing yakni dari harga US$4,52 ke US$1,41.

sui
Gambar: Harga SUI. Sumber: Coinmarketcap

Akan tetapi penurunan SUI dari harga tertinggi di beberapa exchange menunjukan perbedaan. Harga SUI pada Kucoin mengalami penurunan -32,5% dari US$2,1 ke US$1,41. Di OKX, harga SUI mengalami penurunan -5,8% dari US$1,496 ke US$1,41. Pada Binance, harga SUI mengalami penurunan -29,3% dari US$2 ke US$1,41.

Perbedaan penurunan harga ini terjadi karena harga bukaan di masing-masing exchange berbeda.

Allowlist dan Public Sale Cuan Banyak

Sebelum listing, SUI dapat diperoleh terlebih dulu melalui allowlist dan public sale. Harga per koin SUI dipatok US$0,03 untuk allowlist dan US$0,1 untuk public sale.

Mengacu pada harga SUI yang diperdagangkan pada US$1,41 per 4 Mei 2023, maka peserta allowlist mendapatkan keuntungan 47 kali lipat dan peserta public sale mendapatkan keuntungan 14 kali lipat.

Alokasi maksimum untuk allowlist adalah 1.500 SUI setara US$45 per orang. Nilai tersebut akan setara dengan US$2.115 saat ini. Sementara alokasi maksimum untuk public sale adalah 10.000 SUI setara US$1.000 per orang. Nilai tersebut setara dengan US$14.000 saat ini.

Baca juga: 594 Juta Token SUI Dijual Presale, Harapan Airdrop Pupus!

Potensi Harga SUI Kedepannya

Per 4 Mei 2023, supply koin SUI yang beredar adalah 528 juta SUI dengan kapitalisasi pasar US$726 juta.

Gambar: Timeline distribusi SUI

Pada Oktober 2023, terdapat lonjakan koin SUI yang akan beredar dengan lebih dari 20% total supply atau 2 miliar SUI yang akan lepas ke pasar. Dengan harga per SUI $1,41, maka kapitalisasi pasar akan menjadi lebih dari US$2,8 miliar, melebihi kapitalisasi pasar proyek layer-1 smart contract seperti Aptos dan Fantom.

Melihat hal ini, harga SUI kemungkinan besar overvalued di harga US$1,41 pada Oktober 2023 mendatang. Akan tetapi karena per 4 Mei 2023, supply yang beredar hanya 528 juta koin, maka masih ada kesempatan harga SUI akan mengalami kenaikan.

Untuk mencapai kapitalisasi pasar US$1 miliar, harga SUI mesti mencapai US$1,9 atau +34,7% dari harga saat ini. Sementara untuk mencapai kapitalisasi pasar menyaingi Aptos, yakni US$1,89 miliar, harga SUI mesti mencapai US$3,58 atau +154% dari harga saat ini.

Namun jika kenaikan harga ini terjadi, maka kemungkinan besar harga SUI akan mengalami penurunan setelahnya sebab terdapat koin dalam jumlah besar yang akan di-unlock mulai Oktober 2023.

Baca juga: Potensi Harga Koin SUI Pasca Listing di Exchange

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.