Analisis · 5 min read

Harga Solana (SOL) Ada Potensi Bull Trap, Begini Analisisnya

Harga SOL

Terlepas dari kenaikan +10% dari harga terendah US$17,35 ke US$19,07 dalam seminggu, Solana (SOL) berpotensi memberikan bull trap dan terkoreksi kembali. Sebab, sesudah kenaikan harga SOL justru membentuk lower high yakni salah satu pola yang terjadi pada tren bearish.

Solana (SOL) Berpotensi Lanjutkan Tren Bearish

Salah satu analis kripto populer di platform X dengan 196 ribu pengikut dengan nickname Altcoin Sherpa, membuat post yang membahas tentang kemungkinan SOL akan melanjutkan tren bearish setelah recovery dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan pengamatan dari grafik harga Solana, terlihat bahwa terjadi recovery sebesar +10% yang terjadi dalam sepekan dari titik terendah US$17,35 ke harga per 18 September 2023 pukul 12.30 WIB yakni US$19,07. Kenaikan ini justru membentuk lower high atau titik tertinggi lokal yang lebih rendah dari sebelumnya.

solana chart
Gambar: Lowe high pada grafik harga SOL Sumber: Altcoin Sherpa

Titik lower high sebelumnya adalah pada level harga US$25,3, US$22, dan US$20,5. Oleh karena itu, level harga US$19 kemungkinan besar menjadi resistance yang kuat dan berpotensi menjadi lower high baru dan harga SOL akan terkoreksi.

Gambar: Aktivitas pada kontrak SOL-USDT Sumber: Altcoin Sherpa

Pengamatan lainnya yang dilakukan Altcoin Sherpa adalah terdapat open interest yang cukup besar pada kontrak futures SOL-USDT pada area US$14 mengindikasikan bahwa US$14 kemungkinan menjadi support jika harga Solana terkoreksi.

Sherpa berpendapat bahwa “Akumulasi SOL dengan dollar cost averaging pada rentang harga US$5 – US$15 adalah strategi yang bagus dan jangan all in.”

Baca juga: Visa Gunakan USDC dan Blockchain Solana untuk Transaksi Lebih Cepat

Reaksi Harga SOL Setelah Persetujuan FTX Menjual Aset Kripto

Permintaan FTX untuk melikuidasi aset kripto setara US$3,4 miliar telah disetujui pada 13 September 2023. Dalam persetujuan tersebut, FTX diperbolehkan untuk melikuidasi hingga US$200 juta per minggu. Diketahui bahwa FTX memegang Solana setara US$1,16 miliar yang termasuk ke dalam aset yang boleh dilikuidasi.

Gambar: Grafik harga SOL

Alih-alih mengalami penurunan setelah keputusan persetujuan, harga SOL justru tercatat mengalami kenaikan +6,5% setelahnya yakni dari US$17,90 ke US$19,07.

Penurunan harga serta volatilitas yang signifikan justru terjadi ketika pemberitaan FTX meminta persetujuan, bukan setelah diumumkan disetujui. SOL mengalami penurunan -10,7% dari US$19,43 ke US$17,35 setelah FTX diberitakan akan meminta persetujuan untuk melikuidasi aset.

Dengan disetujuinya FTX untuk melikuidasi aset kripto, perlu diperhatikan bahwa kenaikan harga Solana dalam sepekan bisa jadi adalah strategi untuk mendapatkan harga jual yang lebih baik. Investor kripto yang memiliki SOL mesti mempertimbangkan potensi likuidasi aset yang akan dilakukan FTX.

Baca juga: FTX Bakal Jual Kripto Setara US$3,4 Miliar, Pasar Kripto Bereaksi Negatif

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.