Berita Altcoins · 8 min read

Cardano Luncurkan Upgrade Valentine, Harga ADA Naik!

Cardano

Harga Cardano (ADA) naik setelah Cardano umumkan melakukan upgrade mainnet Valentine (SECP) pada 15 Februari 2023. Peningkatan dilakukan untuk memperketat keamanan blockchain.

SECP (SECP256k1) adalah nama dari sebuah Elliptic Curve. Banyak blockchain yang memakai metode ini untuk mengimplementasikan public key cryptography.

Baca Juga: Apa Itu Cardano? Panduan Untuk Pemula

Data Coingecko (15/2) pukul 16.39 WIB menunjukkan, Cardano mengalami peningkatan sebesar 7,1%. Saat ini diperdagangkan pada harga $0.384839, sebelumnya berkisar di harga $0,306950. Kenaikan ini mengungguli Bitcoin dan Ether.

Berdasarkan data Defillama, nilai total valued lock (TVL) DApps yang berbasis Cardano menjadi lebih dari $110 juta sejak awal Januari 2023. TVL Cardano dilaporkan hampir menyentuh ATH. Ini menunjukkan permintaan meningkat.

Baca Juga: Stablecoin Cardano Djed Rilis Pekan Depan, Ini Potensi Harga ADA

IOG, Perusahaan Di Balik Upgrade SECP

Input Output Global (IOG) mengumumkan upgrade Valentine (SECP) pada Rabu (15/2). Upgrade tersebut mencakup dukungan untuk cryptographic primitive, Plutus SECP.

IOG adalah perusahaan teknologi rekayasa dan penelitian dalam struktur blockchain. Perusahaan ini juga dikenal sebagai bagian dari tim pengembangan platform blockchain Cardano.

Dalam tweet berikutnya, IOG juga menjelaskan bahwa interoperabilitas sangat penting untuk pertumbuhan blockchain yang diiringi dengan banyaknya DApps yang dibangun di Cardano.

Manfaat Untuk Developer

Peningkatan Cardano Valentine (SECP) memungkinkan developer untuk membuat aplikasi terdesentralisasi lintas rantai (DApps) yang aman, andal, dan hemat biaya. Peningkatan Valentine (SECP) juga menopang interoperabilitas lintas rantai.

Untuk memudahkan developer dalam membangun aplikasi lintas rantai, IOG menambahkan built-in functions ke Plutus untuk mendukung ECDSA dan Schnorr Singatures dalam upgrade SECP kali ini.

Built-in functions ini akan menjadi native di Cardano dan akan diaudit oleh para ahli, tentunya dapat memberikan tingkat keamanan yang tinggi,” jelas blog resmi Cardano.

Hal ini memungkinkan Plutus dApps developer memiliki pilihan desain multi-signature atau treshold signature yang luas untuk digunakan, khususnya desain berbasis Schnorr yang dipahami dengan baik dan banyak digunakan oleh komunitas dApps.

Kriptografi memastikan kepercayaan dan keamanan dalam pengaturan blockchain, dan blockchain yang berbeda menggunakan metode signature kriptografi yang berbeda.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.