Berita Bitcoin · 7 min read

Harga Bitcoin Naik Lagi, Inflasi AS Bawa Pengaruh?

Bitcoin Naik Lagi, Pengaruh Inflasi AS

Harga bitcoin dan sederet altcoin kembali menguat, di tengah kewaspadaan pasar terhadap inflasi AS yang menjadi salah satu acuan kebijakan moneter The Fed.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap pada Kamis (11/08/2022) pukul 8 pagi, harga bitcoin terkeret dengan nilai $23,957 dan terpantau sejumlah altcoin kompak menguat, seperti Ethereum (ETH) naik di angka 8,8% menjadi $1,852.

Tak kalah saing, kategori 10 token teratas, yaitu Polkadot naik 6,8% berdasarkan kapitalisasi pasar di CoinMarketCap.

Hal tersebut disebabkan, setelah Polkadot menjalin kemitraan dengan perusahaan investasi institusional Bitgo.

Baca juga: Dibanding Solana, Polkadot Lebih Hemat Energi

Sementara itu, Ekuitas AS berakhir lebih tinggi pada Rabu karena inflasi yang lebih lemah. Dow Jones Industrial Average ditutup dengan kenaikan 1,6% indeks S&P 500 bertambah 2,1% dan Nasdaq Composite Index naik 2,9%.

Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dirilis Rabu, menunjukkan inflasi tahunan AS yang tercatat mengalami penurunan dari 9,1% di bulan Juni, kini menjadi 8,5% di bulan Juli 2022.

Data ini mengindikasikan bahwa siklus inflasi tinggi AS mungkin telah mencapai puncaknya, meski angka 8,5% masih jadi salah satu yang tertinggi.

Jumlah Juni menjadi peningkatan bulanan tertinggi selama empat dekade.

Tentu saja kekhawatiran tentang inflasi telah mendorong Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada tingkat yang lebih moderat di bulan September mendatang.

Keyakinan dampak tersebut tampaknya akan meredam agresivitas kebijakan moneternya. Pastinya, mereka bisa beranggapan berhasil dalam upaya menjinakkan inflasi tanpa memasukkan ekonomi ke dalam resesi.

Namun investor melihat bahwa setiap inflasi melambat dapat mengurangi tekanan untuk kenaikan suku bunga yang lebih besar.

Baca juga: Inflasi Amerika Sentuh Angka Tertinggi! Harga Bitcoin Naik

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.