Berita Bitcoin · 5 min read

Harga Bitcoin Naik ke US$61.000 di Tengah Spekulasi Penurunan Suku Bunga AS

Harga Bitcoin FOMO

Pada Selasa (20/8/2024) siang, harga Bitcoin tiba-tiba melonjak ke puncak tertinggi hari ini di angka US$61.000, setelah terpuruk di bawah US$58.000 selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, Bitcoin mengalami pergerakan signifikan dari posisi awal perdagangan di angka US$58.000, kemudian terus naik lebih dari 4% hingga mencapai US$61.363 pada pukul 12.00 WIB. Hingga artikel ini ditulis, harga Bitcoin stabil di sekitar US$60.870.

Grafik pergerakan harga Bitcoin dalam 24 jam terakhir. Sumber: CoinMarketCap

Peningkatan harga Bitcoin ini sejalan dengan kinerja positif aset kripto lainnya yang juga mengalami lonjakan. Ether (ETH) sempat diperdagangkan di harga US$2.673 dengan kenaikan sebesar 2%, sementara TRON (TRX) mencatat kenaikan hingga 7% di tengah antusiasme peluncuran platform launchpad SunPump.

Adapun altcoin lainnya yang mencatat kenaikan signifikan termasuk BNB (+6,3%), XRP (+5,5%), DOGE (+5,5%), AVAX (+6%).

Pergerakan harga kripto yang tiba-tiba ini telah menyebabkan peningkatan likuidasi di pasar derivatif kripto. Dalam 24 jam terakhir, total posisi senilai US$109,8 juta setara Rp1,6 triliun telah dilikuidasi menurut data CoinGlass.

Baca juga: Mayoritas Bitcoin Ternyata Sudah Tidak Aktif Lebih dari Enam Bulan

Didukung Spekulasi Penurunan Suku Bunga AS

Lonjakan harga Bitcoin dan aset kripto secara luas terjadi seiring dengan pergerakan positif di pasar ekuitas global, yang menunjukkan sentimen risiko yang meningkat. 

Saham yang terkait Wall Street mencatat kenaikan yang kuat pada 19 Agustus, didorong oleh keyakinan bahwa Federal Reserve AS akan mulai memangkas suku bunga pada bulan September. Menurut data dari CME FedWatch, para trader saat ini berspekulasi adanya potensi penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Adapun, perhatian pasar saat ini tertuju pada pidato Ketua The Fed, Jerome Powell, di Simposium Jackson Hole pada tanggal 23 Agustus mendatang.

Meski Powell diperkirakan tidak akan secara eksplisit mengumumkan rencana pemotongan suku bunga, komentarnya diharapkan memberikan sinyal yang lebih positif terutama setelah data terbaru menunjukkan adanya pelonggaran inflasi di AS.

Baca juga: Harga Bitcoin Stagnan Meski Inflasi AS Melambat: Ini Alasannya

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.