Analisis · 7 min read

Harga Bitcoin dan Top Kripto Rebound di Tengah Krisis Bank AS

Update pasar kripto

Pasar kripto kembali rebound dan kapitalisasi pasar menyentuh di atas US$1 triliun.

Kenaikan ini datang bersama dengan pernyataan dari  Federal Reserve, Departemen Keuangan AS, dan FDIC yang menjamin semua dana nasabah aman.

Deposan Silicon Valley Bank dan Signature Bank yang sekarang ditutup dapat mengakses dana mereka pada hari Senin waktu Amerika Serikat.

Pagi ini (13/3) Bitcoin naik 8,27% dalam 24 jam ke angka US$22.300, Ethereum (ETH) berada di angka US$1.599, naik 8,05%.

Top koin teratas lain seperti Cardano (ADA), Polygon (MATIC), Dogecoin (DOGE), Solana (SOL), Polkadot (DOT), Litecoin (LTC), Avalanche (AVAX), dan Filecoin (FIL) semuanya juga naik lebih dari 5%. 

Stablecoin USDC yang sempat depeg di bawah US$1 yang menjadi pasaknya, kembali normal di harga US$0,99.

Sebelumnya, USDC telah anjlok ke level terendah baru sepanjang masa sebesar US$0,87 pada Jumat malam waktu Amerika Serikat.

Penurunan itu terjadi setelah Circle penerbit USDC mengungkapkan bahwa masih memiliki US$3,3 miliar dari cadangan kas yang mendukung USDC di Silicon Valley Bank.

Baca juga: Stablecoin USDC Mulai Pulih Usai Terpapar Krisis Bank Silicon Valley

The Fed Sediakan Dana US$25 Miliar! 

Silicon Valley Bank telah ditutup oleh regulator AS dan diambil alih oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) karena alami krisis modal pada Jumat (10/3).

Menyusul krisis ini regulator AS pun mengambil beberapa langkah agar tidak membuat krisis semakin berlarut. 

Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell, Menteri Keuangan AS Janet Yellen, dan Ketua Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) Martin Gruenberg merilis pernyataan bersama.

Beberapa pernyataan yang dirilis adalah, penutupan Signature Bank yang berbasis di New York, bank ramah kripto. Penutupan ini dilakukan untuk mencegah kekacauan sistemik.

Pernyataan juga menegaskan, deposan akan memiliki akses ke semua uang mereka mulai Senin 13 Maret waktu Amerika Serikat.

Kerugian yang terkait dengan resolusi Silicon Valley Bank tidak akan ditanggung oleh pembayar pajak.

“Sistem perbankan A.S. tetap tangguh dan memiliki landasan yang kokoh, sebagian besar karena reformasi yang dilakukan setelah krisis keuangan yang memastikan perlindungan yang lebih baik bagi industri perbankan,” tegas pernyataan itu.

Dewan Federal Reserve juga telah menciptakan Bank Term Funding Program (BTFP) senilai US$25 miliar dan menawarkan pinjaman hingga satu tahun kepada bank, asosiasi tabungan, serikat kredit, dan lembaga penyimpanan lainnya yang memenuhi syarat.

Dana tersebut akan memastikan bahwa bank yang memenuhi syarat akan memiliki cukup likuiditas untuk memenuhi kebutuhan nasabah mereka selama masa kekacauan.

Baca juga: Harga Bitcoin Menguat, Indeks Justru Tunjukkan Level Fear!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.