Berita Bitcoin · 7 min read

Harga Bitcoin US$43.000 Usai The FED Pertahankan Suku Bunga

Bitcoin US$44 ribu

Harga Bitcoin melambung ke level US$43.000 usai Federal Reserve (The FED) tetap mempertahankan suku bunga acuan AS di level 5,25%-5,5%, (13/12). Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) juga memproyeksikan suku bunga akan turun menjadi 4,6% pada akhir 2024. 

Jerome Powell mengatakan dalam konferensi pers bahwa pemulihan ekonomi AS telah mengalami kemajuan lebih cepat dari perkiraan umum, dan perkiraan dari peserta FOMC mengenai pertumbuhan ekonomi tahun ini telah direvisi naik sejak ringkasan proyeksi ekonomi bulan September.

Kendati demikian, Powell menekankan bahwa aktivitas ekonomi secara keseluruhan masih jauh di bawah level sebelum pandemi, dan masa depan masih sangat tidak pasti.

Respon Harga Bitcoin dan Top Altcoin 

Keputusan mempertahankan suku bunga telah diprediksi oleh sebagian besar investor. Berdasarkan data CME Watchtool, peluang sebesar 98,4% menunjukkan bahwa suku bunga akan tetap.

Umumnya investor aset kripto menafsirkan keputusan untuk mempertahankan atau menurunkan suku bunga sebagai sinyal positif bagi pasar.

Usai suku bunga diputuskan, harga Bitcoin pun naik ke angka US$43.300 setelah mengalami flash crash dalam sepekan terakhir yang membuatnya dihargai US$41.000.

Kapitalisasi pasar kripto pun kembali naik 4,6% ke angka US$4,6 triliun. Top altcoin seperti  ETH (+3,72%), ADA (+16,9%), SOL (+5,69%), dan DOT (+9,04%) ikut mengalami kenaikan dalam 24 jam terakhir.  

Baca juga: Bitcoin Hadapi Volatilitas Tinggi, Trader Perlu Waspada

Sentimen Lain Dorong Harga BTC

Dilansir dari Cointelegraph, kenaikan harga Bitcoin saat ini juga disebabkan beberapa faktor lain, termasuk lonjakan volume pertukaran terpusat dengan volume perdagangan Bitcoin tertinggi dalam 6 bulan terakhir, antisipasi persetujuan ETF BTC spot pada bulan Januari 2024, dan arus masuk investor institusional sebesar US$1,88 miliar dalam kripto selama setahun ini.

Baca juga: Harga Bitcoin US$44 Ribu, Valuasi Kalahkan Meta dan Berkshire

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.