Berita Bitcoin · 5 min read

Bitcoin Hadapi Volatilitas Tinggi, Trader Perlu Waspada

Volatilitas Bitcoin

Bitcoin kemungkinan akan mengalami volatilitas yang tinggi pada pekan ini. Hal ini berkaitan dengan rilis data CPI pada (12/12/23) pukul 20.30 WIB dan keputusan suku bunga AS oleh The FED (14/12/23) pukul 02.00 WIB.

BTC menunjukkan penurunan -1% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada harga US$41.865 menjelang acara makroekonomi yang dijadwalkan untuk pekan ini.

Pemegang Bitcoin Bersiap untuk Rilis Data The FED

Kalender ekonomi dipenuhi dengan rilis data makroekonomi yang dapat memengaruhi Dolar AS yang secara tak langsung mempengaruhi aset berisiko seperti Bitcoin dan altcoin.

Laporan CPI AS dijadwalkan rilis pada hari Selasa (12/12/23) pukul 20.30 WIB, diikuti oleh pertemuan FOMC pada hari Kamis (14/12/23) pukul 02.00 WIB dini hari. Dua event ini kemungkinan dapat menentukan arah tren harga BTC.

Konsensus di antara para ahli menunjukkan bahwa Federal Reserve kemungkinan tidak akan menaikkan suku bunga pada pertemuan kali ini. Untuk konteks, suku bunga AS per artikel ini ditulis (12/12/23) adalah 5,50%.

Berdasarkan data CME Watchtool, peluang sebesar 98,4% menunjukkan bahwa suku bunga akan tetap. Sementara peluang 1,6% menunjukkan bahwa suku bunga akan naik sebesar 25 basis poin.

Gambar: Peluang keputusan suku bunga AS. Sumber: CME Watchtool

Namun sebelum pertemuan FOMC, terdapat laporan CPI mengenai angka inflasi. Jika angka yang dilaporkan lebih tinggi dari yang diharapkan, maka dapat meningkatkan kemungkinan Federal Reserve menaikkan suku bunga atau menjaga suku bunga pada tingkat saat ini dengan periode lebih lama.

Gambar: Tabel angka CPI per bulan. Sumber: Investing.com

Pakar ekonomi memperkirakan angka CPI akan mengalami penurunan menjadi 3,1%, yang saat ini berada di angka 3,2%. Prediksi yang benar kemungkinan akan membuat Bitcoin dan kripto lainnya mengalami rebound menuju area US$44.000 – US$44.500. Kemungkinan akan menjadi lebih besar jika diikuti suku bunga yang diputuskan tetap.

cme bitcoin futures
Gambar: Grafik harga kontrak CME Bitcoin futures

Namun jika angka CPI meningkat dan diluar ekspektasi, maka kemungkinan BTC akan mengalami penurunan lanjutan. Penurunan mungkin akan berlanjut menuju area US$39.000 – US$40.000, dimana pada level ini terdapat gap yang belum terisi dari grafik harga CME Bitcoin futures.

Baca juga: Valuasi Kripto Turun Signifikan, Harga Bitcoin Berpotensi Koreksi Dalam

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.