Berita Bitcoin · 5 min read

Gejolak Binance Tingkatkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS

etf bitcoin spot

Binance sepakat untuk membayar US$4,3 miliar kepada Dewan Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) sebagai bentuk penyelesaian masalah hukum yang menjeratnya.

Menyusul hal tersebut, Changpeng Zhao (CZ) juga mundur dari posisinya sebagai CEO dan mengaku bersalah karena melanggar aturan anti pencucian uang Amerika Serikat. CZ juga dikenakan denda US$50 juta dan akan diadili di persidangan tahun depan. 

Baca juga: Changpeng Zhao Resmi Resign dari Binance dan Bayar Denda ke AS

Menurut analis Matrixport, Markus Thielen, dalam sebuah laporan menyebutkan kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot bisa saja meningkat hingga 100% karena kasus Binance ini.

Hal tersebut disebabkan industri aset kripto sekarang akan dipaksa untuk mematuhi peraturan yang diikuti oleh perusahaan keuangan tradisional (TradFi). 

Peningkatan kepatuhan terhadap peraturan ini dapat memperkuat alasan bagi pelaku institusional untuk mengadopsi Bitcoin, memposisikannya sebagai aset safe-haven dalam portofolio investor.

“Ada kemungkinan arus masuk sebesar US$24-50 miliar ke ETF Bitcoin mana pun yang terdaftar di AS, dan sudah melihat perusahaan kripto membuat pasar pada turunan kripto yang terdaftar di CME. Akan ada peralihan dari bursa wild-west yang tidak diatur dan melayani investor ritel menjadi tempat yang sepenuhnya diatur dan patuh dan melayani institusi,” tulisnya. 

Thielen menambahkan, “Tindakan penegakan hukum kepada perusahaan kripto menjadi sebuah langkah menuju arah tersebut. Karena lingkungan makro terus menjadi pendorong permintaan dari institusi, tahun 2024 kemungkinan akan menjadi tahun yang penuh kejutan bagi Bitcoin, CZ mungkin akan kembali muncul pada pasar bearish berikutnya pada tahun 2026.”

Sementara itu, analis Bloomberg Intelligence James Seyffart dan Eric Balchunas, menyebutkan peluang persetujuan Bitcoin ETF adalah 90%. Pada tanggal 10 Januari 2024 nanti, ARK 21 Shares Bitcoin ETF akan dipertimbangkan oleh SEC dan hasil pertimbangannya akan diawasi dengan ketat oleh pasar.

Token $BTCETF Ketiban Sentimen Positif

Kasus yang menjerat Binance dan peluang yang semakin tinggi untuk persetujuan ETF Bitcoin memberikan sentimen positif pada token $BTCETF. Token tersebut berhasil meraih pendanaan hingga US$1,4 juta di tahap presale. 

Token $BTCETF memudahkan eksposur bagi investor yang ingin membeli ETF Bitcoin, token ini tidak terkait langsung dengan aplikasi ETF Bitcoin namun nilainya secara tidak langsung akan mengacu pada perkembangannya.

Perkembangan tersebut dibagi ke dalam lima capaian penting, seperti persetujuan, tanggal peluncuran, dan aset yang dikelola. Misalnya, pajak transaksi $BTCETF berkurang dari 5% menjadi 4% ketika volume perdagangannya mencapai US$100 juta, dengan pengurangan lebih lanjut seiring dengan perkembangan ETF yang signifikan. 

Token $BTCETF menawarkan potensi penghasilan langsung melalui staking, dengan persentase hasil tahunan hingga 184%.

Sudah ada 144 juta token $BTCETF yang dipertaruhkan dalam kontrak pintar, dengan perhitungan APY dinamis dan hadiah yang didistribusikan selama lima tahun.

Baca juga: Presale Token BTCETF Raih Dana Hingga Rp8 Miliar

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.