Berita Industri · 8 min read

FTX Dapatkan Persetujuan Untuk Jual Aset US$873 Juta

ftx

FTX, exchange kripto yang bangkrut November 2022 lalu, telah diberikan lampu hijau untuk menjual aset sekitar US$873 juta. Hasil ini akan digunakan untuk melunasi kreditur yang terdampak oleh kebangkrutan, sesuai dengan pengajuan pada 29 November 2023 di pengadilan kepailitan Delaware.

FTX Dapat Persetujuan Untuk Menjual Aset Setara US$873 Juta

Aset sebesar US$873 juta yang diizinkan untuk dijual berasal dari saham dalam berbagai trust yang diterbitkan oleh manajer aset kripto Grayscale Investments, dengan nilai sebesar US$807 juta serta penyedia layanan kustodial Bitwise yang bernilai US$66 juta.

Meskipun dokumen pengadilan merujuk pada total aset US$744 juta, ini disebabkan oleh penerbitan dokumen pada 25 Oktober 2023. Nilai aset telah meningkat hari ini (30/11/23) jika dibandingkan sejak dokumen tersebut terbit.

Persetujuan ini diberikan hampir empat minggu setelah para debitur mengajukan permohonan kepada hakim John Dorsey pada 3 November 2023 untuk menjual enam trust kripto, termasuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), Grayscale Ethereum Trust (ETHE), dan Bitwise 10 Crypto Index Fund (BITW).

Baca juga: FTX Bakal Jual Kripto Setara US$3,4 Miliar, Pasar Kripto Bereaksi Negatif

ftx trust assets
Gambar: Rincian aset trust milik FTX. Sumber: Kroll

Terdapat lebih dari 22 juta unit GBTC, produk Bitcoin unggulan Grayscale yang sekarang bernilai US$691 juta. Aset lainnya adalah 6,3 juta saham ETHE dengan nilai sekitar US$106 juta.

Grayscale Ethereum Classic Trust (ETCG), Litecoin Trust (LTCN), dan Digital Large Cap Trust (GDLC) adalah tiga trust lain yang dapat dijual untuk mendapatkan kembali dana bagi pelanggan yang terdampak.

Administrator FTX yang dipimpin oleh John J. Ray III, telah bekerja untuk memulihkan aset sejak keruntuhan exchange pada November 2022. Sejauh ini sekitar US$7 miliar aset telah pulih dengan hampir separuhnya dalam bentuk kripto (US$3,4 miliar).

Baca juga: FTX Masih Butuh US$4,5 Miliar untuk Ganti Rugi Kripto Pengguna

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.