Berita NFT · 8 min read

Fastex Bahas Potensi NFT untuk Dunia Hiburan

Fastex Bahas Potensi NFT untuk Dunia Hiburan

Non Fungible Token atau NFT merupakan salah satu segmen yang sedang marak dibicarakan di dunia kripto. 

Sayangnya walau NFT ramai dibicarakan, volume transaksi terlihat terus menurun, terutama untuk NFT seni yang tidak memiliki kegunaan selain koleksi. 

Fastex Bahas Potensi NFT untuk Dunia Hiburan
Jumlah Transaksi NFT dan Wallet Transaksi NFT Agustus 2021 – Agustus 2022

Banyak investor dan pengamat pasar yang berasumsi bahwa redupnya volume transaksi pada NFT seni merupakan awal transisi NFT agar memiliki kegunaan yang lebih bermanfaat terutama di dunia nyata. 

Salah satu kegunaan yang sering dibicarakan adalah kegunaan NFT di dunia hiburan terutama sebagai tiket dan hak akses spesial.

Potensi NFT untuk Dunia Hiburan

Saat ini salah satu kegunaan yang paling ramai dibicarakan adalah NFT sebagai akses spesial untuk suatu komunitas atau acara. 

Artinya, investor yang membeli dan menyimpan NFT tersebut dapat memiliki akses spesial misal ke suatu tempat untuk selalu berpartisipasi dalam acara berkumpul atau dapat memiliki akses VIP terhadap suatu acara. 

Kegunaan ini dimulai dari NFT Bored Ape Yacht Club yang merupakan koleksi NFT bergambar monyet yang memberi akses spesial kepada pemiliknya untuk masuk ke sebuah komunitas berisi artis dan pebisnis ternama. 

Baca juga: Mengenal Bored Ape Yacht, Koleksi NFT Paling Berharga

Pemilik NFT tersebut memiliki akses untuk masuk komunitas dan undangan untuk acara berkumpul dan pesta yang diadakan di tempat-tempat mewah. 

NFT ini sempat tenar, bahkan mencapai volume transaksi hingga 881,01 ETH yang merupakan salah satu NFT dengan volume transaksi terbesar sepanjang masa. 

Setelah NFT ini tenar, banyak yang mengikuti dengan membentuk NFT dan memiliki kegunaan yang sama. 

Namun banyak yang mengembangkan NFT ini untuk kegunaan yang lebih jelas di dunia nyata, seperti dalam bentuk tiket. 

Saat ini mulai banyak acara konser yang menggunakan NFT sebagai tiket bahkan dengan memiliki NFT tersebut, pemilik akan mendapatkan hak VIP dalam konser tersebut. 

Dalam wawancara eksklusif dengan Kepala NFT Marketplace Fastex, Zabella Demirchyan di Coinfest Asia 2022, Coinvestasi berbincang mengenai potensi ketenaran NFT di masa depan. 

Wawancara Eksklusif Coinvestasi dengan Fastex
Wawancara Eksklusif Coinvestasi dengan Fastex

Dalam wawancara tersebut, Zabella memberikan pandangannya mengenai kegunaan apa yang akan terkenal dalam beberapa tahun ke depan. Ia menyatakan,

“Jika kita berbicara NFT secara keseluruhan, yang bisa kita pikirkan adalah NFT menjadi akses untuk sesuatu, ini bisa jadi kegunaan yang bagus. Misalnya, tiket untuk acara, kita bisa beli NFT dan itu akan memberikanmu akses ke sesuatu. Ini yang saya yakini NFT akan jadi akses ke acara, konser musik, dan ini akan jadi masa depan dan NFT akan bertahan.”

Terlihat bahwa Zabella percaya bahwa kegunaan yang akan bertahan dan terus tenar adalah kegunaan NFT sebagai tiket dan akses spesial di suatu acara atau komunitas. 

Masa Depan NFT

Selanjutnya Coinvestasi menanyakan terkait masa depan NFT, apakah di tahun 2025, NFT yang bersifat sebagai barang koleksi akan mati dan hilang. 

Terkait pertanyaan tersebut, Zabella dari Fastex juga menekankan bahwa NFT akan bertahan bahkan hingga 2025, namun perlu ada inovasi dan transformasi, terutama terkait kegunaannya. 

“Yang saya yakini kunci untuk semuanya adalah transformasi, begitu pula dengan NFT, nantinya NFT akan bertransformasi akan berubah menjadi sesuatu hal lain, akan terintegrasi dengan bagian yang baru, tapi yang paling penting dari NFT adalah transparansi dan tidak tergantikan, ini akan tetap bertahan,” Ujarnya. 

Transformasi ini juga sejalan dengan narasi bahwa NFT akan terus memiliki kegunaan yang lebih berguna terutama di dunia nyata. 

Untuk saat ini terdapat empat kegunaan yang paling terkenal di dunia NFT yaitu NFT sebagai hak akses spesial, NFT sebagai tokenisasi sebuah aset dunia nyata, NFT sebagai hak governance atau partisipasi pemungutan suara, dan NFT sebagai jaminan untuk pinjaman kripto. 

Kemungkinan besar saat ini yang akan terus terkenal adalah NFT sebagai alat untuk mendapat hak akses spesial dan NFT sebagai tokenisasi aset di dunia nyata seperti properti. 

NFT sebagai akses akan terus dikembangkan di dunia hiburan seperti konser bahkan kompetisi. 

NFT sebagai tokenisasi aset akan terus berkembang ke aset-aset yang sulit untuk dijual atau dilikuidasi. Sehingga, nantinya aset yang terkenal tidak likuid akan berubah menjadi likuid atau mudah dijual. 

Inovasi ini akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan, terutama dengan maraknya adopsi teknologi Web 3.0. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.