Berita Bitcoin · 7 min read

Facebook Luncurkan Libra, Ketahui 3 Hal Penting Ini!

Selalu lalu Facebook meresmikan proyek cryptocurrency-nya: Libra. Facebook dan para mitranya berpikir Libra dapat secara mendalam merubah keuangan global dan sistem pembayaran.

Bagaimana Libra bekerja?

Libra adalah mata uang digital yang diberdayakan oleh blockchain. Organisasi independen yang terdiri dari perwakilan hingga 100 perusahaan dan organisasi nirlaba akan mengatur mata uang ini.

Facebook dan perusahaan-perusahaan lainnya akan membangun aplikasi bagi orang-orang yang menggunakan koin ini. Contohnya, aplikasi wallet digital akan dipasangkan ke aplikasi WhatsApp dan Messenger yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan mata uang digital melalui utas mereka dengan cara yang sama seperti mereka mengirim GIF.

Idenya adalah untuk menciptakan stabel, mata uang yang orang di seluruh dunia dapat gunakan setiap harinya untuk transaksi seperti membeli sesuatu secara online atau mengambil pinjaman di bank. Pengguna juga akan dapat mengirimkan uang ke seluruh dunia dengan mudah dan lebih murah dari menggunakan metode pengiriman secara tradisional.

Berikut adalah tiga hal penting yang perlu diketahui tentang mata uang digital facebook:

Akan menjadi seberapa besar Libra?

Jangkauan Facebook akan memposisikan koin ini untuk mendapatkan audiens yang lebih umum daripada yang dimiliki cryptocurrency lainnya. Hampir 35 juta orang di seluruh dunia sekarang memiliki “dompet” blockchain untuk memegang cryptocurrency, menurut laporan terbaru dari Statista. Itu adalah perkiraan kasar seberapa banyak orang yang berpartisipasi di pasar saat ini (meskipun satu orang dapat memegang lebih dari dompet). Sebagai perbandingan, basis pengguna global Facebook sebesar 2,4 miliar sangatlah besar. Facebook dan mitra di proyek seperti Spotify (SPOT) juga ahli desain, artinya antarmuka pengguna yang mereka buat untuk bekerja dengan Libra kemungkinan akan lebih ramah pengguna daripada proyek mata uang digital lainnya.

Bagaimana cara Facebook menghasilkan uang dengan Libra?

Facebook telah menciptakan anak perusahaan independen bernama Calibra yang akan mengelola semua pengembangan dan transaksi Libra untuk perusahaan.

Calibra dan produk-produk yang diciptakan bagi para pengguna untuk berinteraksi dengan koin ini akan menjadi cara Facebook menghasilkan uang dari proyek ini. Sebagai permulaan, aplikasi wallet Calibra memungkinkan pengguna untuk saling mengirimkan uang. Terkadang pengiriman akan gratis namun terkadang aplikasi akan membebankan biaya kecil yang akan menjadi penghasilan untuk Facebook. Facebook belum menjelaskan kapan mereka akan membebankan biaya transfer. Tetapi biaya tersebut akan lebih murah dari wire transfer dan akan lebih mudah.

Saat ini sudah memungkinkan untuk mengirimkan dan membelanjakan uang digital menggunakan Venmo atau fitur transfer peer-to-peer Facebook Messenger sendiri, tetapi pengguna harus memiliki rekening bank dan memindahkan uang bolak-balik dari aplikasi ke bank. Facebook mengharapkan peluncuran koin ini akan sukses di negara-negara berkembang di mana banyak orang tidak memiliki akses ke rekening bank dan Libra dapat menawarkan alternatif yang stabil untuk mata uang lokal mereka yang lebih mudah untuk disimpan dan dibelanjakan.

Selain pendapatan langsung, Libra dan Calibra juga merupakan cara bagi Facebook untuk terus membuat platformnya sangat diperlukan bagi pengguna.

Baca juga: CEO Meta Mark Zuckerberg Jual Project Stablecoin Diem

Bagaimana privasi pengguna akan dilindungi?

Jaringan Cryptocurrency biasanya dibangun dengan tujuan transparansi. Tetapi lebih banyak transparansi secara inheren berarti lebih sedikit privasi.

Cara teknologi blockchain bekerja adalah bahwa setiap transaksi yang dilakukan dengan mata uang digital dicatat oleh setiap komputer (atau “node”) yang dicolokkan ke jaringan, meskipun dicatat dengan nama samaran sehingga informasi pribadi pengguna tidak secara langsung terhubung ke transaksi.

Pada jaringan Libra, setiap pengguna akan dapat mengakses catatan transaksi apa pun yang dianonimkan. Tapi, dalam jaringan cryptocurrency lainnya, perusahaan-perusahaan dan pemerintah telah dapat menghubungkan pengguna tertentu dengan transaksi mereka dengan mengambil pola dalam penggunaan mata uang mereka.

Facebook mengatakan Calibra tidak akan membagikan data keuangan pengguna dengan Facebook kecuali dalam “kasus tertentu” dan tidak akan menggunakannya untuk iklan bertarget. Facebook juga mengatakan Calibra akan memiliki proses verifikasi dan anti penipuan yang sama dengan yang digunakan bank dan kartu kredit.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.