Facebook LIBRA Rilis Januari 2021, Didukung Dolar Amerika!

Wafa Hasnaghina

30th November, 2020

Mata uang digital, Libra dari Facebook, akhirnya menemukan titik terang. Menurut laporan resmi terbaru, Libra akan dirilis paling cepat pada Januari 2021. 

Menurut laporan Financial Times pada 27 November, setelah audit lebih dari satu tahun dari regulator keuangan global, Libra akan diluncurkan dalam bentuk mata uang digital yang didukung oleh Dolar AS.

Baca juga: Inti dari Libra Facebook Adalah Blockchain, Bukan Crypto!

Selanjutnya, Libra Association berencana menambahkan lebih banyak mata uang fiat ke dalam keranjang aset yang mendukung nilai Libra. 

Untuk tanggal peluncuran pastinya, belum diumumkan dengan pasti. Namun, diharapkan akan berlangsung pada Januari 2021 nanti. Hal ini bergantung pada penerimaan persetujuan regulasi dari Otoritas Pengawas Pasar Keuang Swiss, atau FINMA, terkait dengan operasi Libra Association sebagai layanan pembayaran. 

Audit Otoritas Keuangan Global pada Facebook LIBRA

LIBRA dari Facebook sempat membuat kontroversi lantaran citra Facebook sebagai perusahaan besar yang memonopoli data penggunanya. Dimulai pada Juni 2019, Libra Association kemudian menghadapi pengawasan peraturan ketat hingga akhirnya beberapa kerjasama dari PayPal dan Mastercard mundur dari proyek tersebut. 

Terlebih, proyek ini berencana untuk memasukan beberapa mata uang negara-negara global seperti Dolar AS, Euro, Yen Jepang, Pound Inggris, dan Dolar Singapura, untuk bisa mendukung nilai Libra. 

Baca juga: Facebook Investasi di Gojek, Langkah Awal Kenalkan Libra di Indonesia ?

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini