Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Facebook Investasi di Gojek, Langkah Awal Kenalkan Libra di Indonesia ?

anisa giovanny     Friday, June 5 2020

Facebook dan PayPal telah melakukan investasi di Gojek, bergabung dengan Google dan Tencent di antara perusahaan teknologi terkemuka lainnya yang telah mendukung salah satu start up terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara itu.  

Nominal investasi pertama yang dilakukan Facebook dan Paypal di Gojek ini tidak disebutkan secara rinci. Namun, Gojek menyebut total kenaikan yang diperoleh dalam pendanaan seri F mencapai US$3 miliar. Untuk Facebook, yang pada bulan April berinvestasi dalam operator telekomunikasi terkemuka India Reliance Jio Platforms, akan mendukung Gojek untuk membuka peluang serupa yakni membantu jutaan UMKM.

Kedua pihak yakni Gojek dan PayPal juga sepakat untuk mengintegrasikan PayPal ke dalam aplikasi. Perusahaan tersebut akan berkolaborasi untuk membuka akses bagi pengguna GoPay ke jaringan Paypal yang memiliki 25 juta merchant di seluruh dunia.

Indonesia adalah salah satu pasar Asia terbesar untuk Facebook. Pada bulan April, Reuters melaporkan bahwa raksasa media sosial itu  sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan fintech lokal untuk meluncurkan layanan pembayaran mobile di negara tersebut.

Gojek Bisa Perluas Jangkauan Gopay ke Facebook

Bagi Gojek, bergabungnya Facebook lewat WhatsApp dan Paypal ke dalam Gojek  bisa memperluas  jangkauan transaksi GoPay ke dalam jaringan pemasaran Facebook.

“Sektor pembayaran masih kurang terlayani dan peluang di pasar negara berkembang di Asia Tenggara seperti Indonesia bernilai miliaran dolar. Untuk Gojek, mereka akan dapat menyematkan penawaran dompet digital Facebook (seperti WhatsApp Pay) pada platform layanan gaya hidup mereka di seluruh belanja, transportasi dll, ”kata Meng Liu, seorang analis di Forrester.

Ia kembali menambahkan, “ Konsumen yang kurang terlayani oleh bank tradisional dan jaringan kartu akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembayaran digital yang ditawarkan oleh Facebook di masa depan.”

Buka Jalan Bagi Facebook Kenalkan Libra

Investasi ini membuka jalan bagi Facebook untuk  memperluas pembayaran digital dan layanan keuangannya ke Indonesia dan pasar Asia Tenggara. Seperti diketahui, selain di Indonesia, Gojek juga beroperasi di Singapura, Thailand, hingga Vietnam.

Baca juga: Libra Facebook Pertimbangkan Dukung Mata Uang Nasional

“ Dalam jangka panjang, jika rencana Libra Facebook (sekarang disebut Novi Financial) berhasil, juga akan ada peluncuran penawaran lintas batas inklusif ini kepada para pekerja imigran di pasar Asia Tenggara juga. Saya melihat kesepakatan itu sebagai langkah pertama untuk membangun infrastruktur untuk memperluas pembayaran Facebook dan bisnis fintech di wilayah ini, “ Kata Meng Liu lagi.

Gojek, mengungkapkan telah mengumpulkan $1,2 miliar pada bulan Maret untuk karyawan dan bernilai sekitar $10 miliar dan  telah mengumpulkan lebih dari 170 juta pengguna di Asia Tenggara. Perusahaan, yang bersaing dengan Grab yang berkantor pusat di Singapura, mengatakan pada saat itu bahwa mereka telah mengumpulkan hampir $3 miliar selama bertahun-tahun.

“Kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang benar-benar unik karena kami bertujuan membantu lebih banyak bisnis untuk mendigitalkan dan memastikan bahwa jutaan konsumen lebih menikmati manfaat yang dapat dibawa oleh ekonomi digital,” pungkas kata Andre Soelistyo.